Tidak Fokus saat Bekerja, Bisa jadi Ini Penyebabnya!

Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp
Penyebab Tidak Fokus
Foto: Istimewa

Celebrithink.com – Sulit konsentrasi saat bekerja tentu akan mengganggu produktivitas kita. Bahkan bukan tidak mungkin berdampak pada karir, lantaran pekerjaan kita jadi berantakan sehingga mendapat teguran dari atasan. Nah, biasanya kurang fokus merupakan tanda bahwa kita sedang mengalami stres dan perlu istirahat.

Dalam pekerjaan, ada banyak sekali hal yang bisa membuat kita kehilangan fokus. Contohnya penggunaan gadget yang berlebihan. Dilansir dari laman klikdokter, berikut ini beberapa penyebab kita kurang fokus saat bekerja.

Pengaruh teknologi

Penyebab kurang fokus bisa berasal dari gadget yang hampir tiap hari digunakan. Seperti Handphone, komputer ataupun media sosial. Anda dapat mengatasinya dengan cara menetapkan jadwal saat bekerja. Selain itu, tentukan juga jadwal waktu rehat untuk membuka handphone.

Kurang tidur

Tidur merupakan aktivitas yang penting bagi tubuh. selain meregenerasi sel-sel dan proses detoksifikasi, kita akan lebih fresh dan siap kembali beraktivitas. Karenanya, saat tidur kurang dari 7 atau 8 jam dalam sehari maka dapat mengganggu fokus anda saat bekerja. Jika hal ini terjadi, cobalah untuk tidur lebih cepat keesokan harinya.

Anda juga dapat tidur di siang hari selama 15 sampai dengan 30 menit untuk mengembalikan fokus Anda dan stamina saat bekerja.

Kurang olahraga

Penelitian membuktikan bahwa berolahraga secara teratur dapat menjaga fokus dan meningkatkan kemampuan belajar. Berolahraga juga bisa meningkatkan stamina dan memperbaiki kualitas tidur sehingga anda dapat terus fokus saat bekerja.

Demensia

Kondisi seperti penyakit Alzheimer menyebabkan kerusakan pada otak, dan kehilangan ingatan jangka pendek yang sering terjadi.

Kehilangan memori jangka pendek yang menyebabkan anda sering terlupa akan beberapa hal. Kondisi ini harus diperhatikan jika sudah mengganggu kehidupan sosial, pekerjaan atau rumah. Menjaga ketajaman mental dapat dilakukan dengan tetap aktif secara mental, ditambah dengan latihan fisik dan diet sehat.

Perubahan hormonal dan anemia

Efek kehamilan pada otak telah menjadi bahan perdebatan di antara para ahli, karena banyak wanita hamil melaporkan masalah kelupaan dan fokus di bulan-bulan berikutnya.

Selain itu, susah fokus dan kelelahan bisa terjadi akibat kekurangan sel darah merah, karena oksigen tidak diangkut dengan baik ke dalam tubuh. Sehingga kebutuhan oksigen terkait kecepatan berpikir akan mengalami penurunan. Anemia bisa disiasati dengan perubahan gaya hidup dan suplemen nutrisi.

Populer video

Berita lainnya