Foto Selfie Kusam? Sekarang Nggak Lagi Kalo Kamu Pake Cara ini!

Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp

Punya wajah mulus dan Nampak bersih menjadi impian setiap Wanita. Selain jerawat munculnya flek hitam di wajah cukup bisa menurunkan rasa percaya diri kita ya Girls. 

Perlu kamu ketahui kalo flek hitam adalah bercak hitam yang ada diwajah akibat dari pigmentasi kulit yang berlebihan.  Jadi tidak perlu khawatir berlebih apabila di wajahmu terdapat flek hitam ya bestie!

Beda dengan komedo hitam flek hitam lebih diakibatkan oleh reaksi alami tubuh

Yuk mari kita temuin penyebab flek hitam ! 

  1. Hiperpigmentasi 

Ketika kulit mengalami peningkatan melanin, melanin adalah zat dalam tubuh yang bertanggung jawab untuk pewarnaan kulit.

  1. Bekas Jerawat 

Biasanya bekas jerawat membutuhkan waktu yang lama untuk hilang, seiring jerawat hilang akan muncul juga flek hitam yang diakibatkan dari noda dari jerawat yang telah sembuh tersebut. 

  1. Faktor Genetik 

Faktor genetik adalah faktor yang diturunkan oleh orangtua kita. Penyebab flek hitam ini biasanya lebih sering terjadi pada orang dengan warna kulit yang lebih putih atau cerah, memiliki warna rambut merah, pirang, atau cokelat. 

  1. Terpapar Sinar Matahari 

Matahari umumnya menjadi penyebab utama munculnya flek hitam pada wajah. Paparan sinar matahari langsung akan mendorong kulit memproduksi melanin lebih banyak. Untuk membantu menguranginya disarankan memakai sunscreen sebelum keluar rumah. 

Ini dia cara cepat menghilangkan flek hitam di wajah secara alami.

  1. Masker kunyit 

Siapa sangka kunyit yang selama ini menjadi rempah-rempah untuk bahan masakan ternyata mengandung anti-pigmentasi dan anti-inflamasi loh!

Cara membuat : campurkan 2 sendok teh kunyit yang sudah dihaluskan dengan susu dan air lemon. Pastikan teksturnya seperti masker ya Girls agar bisa diaplikasikan di wajah. Oleskan secara merata pada wajah dan biarkan 10 menit, lalu bilas dengan air hangat. 

  1. Lidah buaya 

Lidah buaya yang banyak ditemukan di sekitar kita ternyata mampu menangkal radikal bebas dan bisa menyamarkan noda hitam .

Cara membuat : belal lidah buaya jadi dua bagian dan dapatkan dagingnya. Oleskan daging tersebut ke wajah. Berikan sedikit massage 15-20 menit hingga mengering, bilas hingga bersih. 

  1. Kentang

Tidak hanya bermanfaat sebagai makanan, kandungan dalam kentang terbukti mampu menghilangkan flek hitam. Khasiat yang lain adalah melembabkan kulit, mengangkat sel mati dan mencerahkan kulit. 

Cara membuat : cuci bersih kentang, potong tipis-tipis. Aplikasikan irisan kentang ini ke wajah. Diamkan 10-15 menit kemudian bilas dengan air. 

  1. Pepaya 

Selain melancarkan pencernaan, kandungan di dalam buah pepaya juga mampu mencerahkan kulit wajah dan menghilangkan flek hitam.

Cara membuat : ambil daging buah pepaya yang sudah matang, ambil dagingnya lalu hancurkan sampai halus. Oleskan pada wajah dan biarkan selama 20 menit. Setelah itu bilas hingga bersih.

  1. Jus tomat

Meminum satu gelas tomat setiap hari sangat membantu untuk menghilangkan flek hitam pada wajah. Karena kandungan vitamin C nya yang banyak mampu mengurangi pembentukan melanin. 

Cara membuat : cuci bersih tomat,potong kecil – kecil lalu blender dengan air sampai halus. Sajikan pada gelas dan siap untuk diminum.

  1. Bengkoang 

Reaksi kimia pachyrhizon dengan semua pigmen warna kulit. Reaksi tersebut bisa menyamarkan flek hitam di wajah maupun bagian tubuh lain. 

Cara membuat : hancurkan bengkoang lalu jadikan masker selama 10 menit. Bilas dengan air. 

  1. Rendaman teh

Saat kamu pengen ngeteh malem-malem, coba biarkan rendaman teh itu tetap pada tempatnya. Esok paginya, ambil air rendaman lalu oleskan di bagian flek hitam. Basuh dengan air dingin dan kamu bisa liat perubahan flek hitam yang mulai tersamarkan. 

itu dia cara paling ampuh secara alami menghilangkan flek hitam dengan mudah. Selamat mencoba!

Populer video

Berita lainnya