Ini Manfaat Air Beras untuk Kesehatan yang Mungkin Belum Anda Tahu

Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp
Air Beras
Foto: Istimewa

Celebrithink.com – Di Indonesia, air beras dikenal dengan sebutan air tajin. Air beras mengandung sejumlah asam amino yang sehat, vitamin, mineral dan antioksidan yang bermanfaat bagi tubuh. Sisa pati yang didapat dari merebus beras kaya akan nutrisi.

Air beras mengandung vitamin B, vitamin C dan banyak mineral yang bermanfaat bagi tubuh. Biasanya air ini diberikan untuk bayi atau anak-anak. Siapa sangka, manfaat air beras untuk kesehatan ternyata cukup banyak. Melansir laman halodoc, berikut ini beberapa manfaat air beras yang mungkin jarang diketahui.

Mencegah sembelit

Pati dalam air beras kaya akan serat dan mampu memperlancar buang air besar. Ini juga dapat merangsang pertumbuhan bakteri baik di perut yang mendorong pergerakan usus yang sehat.

Membantu atasi diare

Air beras telah lama digunakan sebagai obat tradisional untuk masalah pencernaan, seperti diare pada bayi hingga orang dewasa. Air ini dapat membantu mengendalikan diare dengan mengurangi volume dan frekuensi keluaran tinja.

Obat demam

Air beras juga banyak digunakan sebagai obat demam, karena mencegah kehilangan air akibat demam dan muntah selama infeksi. Ini juga membantu mengisi kembali nutrisi yang hilang dan mempercepat proses pemulihan.

Membantu tetap terhidrasi

Ini bisa jadi cara yang efektif untuk anak-anak yang tidak suka minum air putih. Sebab air rebusan beras memiliki rasa yang sedikit manis, sehingga banyak disukai oleh anak-anak. Manfaat ini juga bisa didapatkan orang dewasa. Karena ini adalah cairan rehidrasi yang baik dan bisa dikonsumsi ketika mengalami infeksi seperti muntah atau demam, untuk memenuhi kebutuhan cairan tubuh.

Meningkatkan energi dan mood

Beras mengandung karbohidrat, dan nutrisi ini bisa terlarut ke dalam air jika direbus. Itulah sebabnya minum air rebusan berat dapat membantu mengisi kembali tingkat energi tubuh dan membuat suasana hati lebih baik.

Mencegah degenerasi otot

Kekurangan asam amino dalam tubuh dapat menyebabkan degradasi protein tubuh dan degenerasi otot lebih lanjut. Sementara air beras mengandung sekitar 8 jenis asam amino, yang membantu dalam pencegahan degenerasi otot.

Meningkatkan kekebalan dan metabolisme

Air beras sangat bagus untuk meningkatkan kekebalan, sehingga tubuh jadi tidak mudah terserang berbagai jenis infeksi dan penyakit. Selain itu, asupan vitamin dan mineral yang cukup juga dapat membantu meningkatkan metabolisme.

Populer video

Berita lainnya