Waspada! Ini Pengaruh Gadget bagi Perkembangan Anak

Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp
Anak Main Gadget
Foto: Istimewa

Celebritink.com – Smartphone, tablet, dan gadget dengan akses internet, kini memegang peranan penting bagi semua lapisan masyarakat, tak terkecuali anak-anak. Padahal, ada sejumlah risiko yang mengintai pada anak yang kecanduan gadget. Namun, banyak orangtua yang belum menyadari hal ini. Mereka seringkali memberikan gadget kepada anak dengan alasan hiburan, atau agar si anak tidak rewel.

Ya, gadget bak pisau memiliki dua sisi. Di satu sisi menyediakan manfaat dan dibutuhkan, namun di sisi lain juga dapat menimbulkan potensi bahaya. Maka itu, tanpa pengawasan orangtua, gadget akan memberi pengaruh negatif terhadap perkembangan anak. Melansir laman hellosehat, berikut sejumlah pengaruh gadget terhadap perkembangan anak.

Mengalami keterlambatan bicara

Sebuah studi mengungkapkan bahwa semakin banyak waktu yang dihabiskan anak-anak bermain gadget, maka semakin besar kemungkinan anak mengalami keterlambatan bicara. Hal itu diperkuat dengan penelitian dalam jurnal EAI yang membuktikan adanya hubungan signifikan antara penggunaan gadget dan kemampuan berbicara anak.

Kesulitan untuk konsentrasi

Menurut ahli medis, pengaruh penggunaan gadget yang terlalu sering terhadap perkembangan anak, yakni dapat berkontribusi pada gejala ADHD. Anak yang mengalami ADHD akan mengalami kesulitan untuk berkonsentrasi karena terlalu aktif.

Gangguan kesehatan

Penggunaan gadget secara berlebihan bisa menjadi penyebab obesitas pada anak. Ini karena penggunaan gadget menyebabkan anak tidak banyak bergerak atau kurang aktivitas fisik. Menggunakan gadget yang tak mengenal waktu juga membuat anak tidak dapat mengontrol asupan makanannya, entah makan terlalu cepat atau banyak karena terlalu fokus pada layar.

Melemahkan ikatan orangtua dan anak

Anak-anak yang asyik dengan gadgetnya akan memiliki sedikit waktu untuk berkumpul bersama orangtuanya. Mereka akan sering terhubung secara virtual dengan teman-teman, berbagi foto, dan mengakses media sosial. Hal ini dapat melemahkan ikatan antara orang tua dan anak. Selain itu, anak juga akan memiliki masalah dalam bersosialisasi.

Mengalami masalah kesehatan mental

Pengaruh gadget juga dapat menyebabkan depresi pada anak-anak usia tertentu. Hal ini akan berdampak pada kesehatan mental mereka pada masa kanak-kanak dan remaja. Sering kali, anak menjadi pemalu, merasa cemas, atau takut ketika bertemu atau bersosialisasi dengan orang lain secara langsung.

Populer video

Berita lainnya