Jangan Malas! Ini Manfaat Minum Air Putih

Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp
Ilustrasi Minum Air Putih
Foto: Istimewa

Celebrithink.com – Setiap orang dianjurkan minum air putih 8 gelas setiap harinya, atau setara dengan 2 liter. Namun, tidak sedikit orang yang justru lebih memilih minuman berperisa ketimbang air putih yang rasanya tawar. Padahal, dengan tercukupinya air putih, tubuh dapat menjalankan fungsinya dengan maksimal. Melansir laman klikdokter, berikut beberapa manfaat air putih bagi tubuh.

Memaksimalkan Performa Fisik

Tubuh yang tidak terhidrasi dengan baik akan berpengaruh pada performa fisik. Kondisi ini bisa menyebabkan perubahan suhu tubuh, menurunnya motivasi, peningkatan rasa lelah, serta olahraga makin terasa berat, baik secara fisik maupun mental. Sementara dehidrasi bisa menjadi efek nyata meski Anda hanya kehilangan 2 persen cairan tubuh. Di sinilah manfaat air putih yakni untuk memaksimalkan performa fisik.

Mencegah dan Mengatasi Sakit Kepala

Ketika tubuh kekurangan cairan, keluhan sakit kepala bisa timbul. Sebuah studi pada tahun 2004 mengungkapkan, manfaat air putih bisa mengurangi sakit kepala (tipe tegang) pada orang-orang yang dehidrasi. Ada pula studi lainnya pada 2005 yang menyebutkan, air putih tak punya efek apa pun terhadap frekuensi sakit kepala. Namun, air putih tetap bisa mengurangi intensitas dan durasinya.

Meringankan Konstipasi

Salah satu manfaat air putih adalah dapat membantu meringankan susah buang airbesar atau BAB. Tinja yang keras dapat menyebabkan sulit buang air besar atau konstipasi. Bila konstipasi tak ditangani dengan baik, akan timbul gangguan kesehatan lain seperti ambeien.

Mencegah Batu Ginjal

Batu ginjal terbentuk akibat tingginya konsentrasi zat-zat yang kelarutannya rendah, seperti kalsium dan oksalat. Keduanya merupakan bahan tersering yang membentuk batu ginjal di dalam urine. Oleh karena itu, minumlah air dengan cukup agar konsentrasi bahan-bahan di atas tidak tinggi di urine sehingga batu ginjal tidak terbentuk.

Menunjang Fungsi Ginjal

Air putih membantu ginjal untuk membuang limbah dari dalam tubuh. Dengan pemberian cairan yang cukup, ginjal dapat lebih mudah mengeluarkan berbagai zat racun yang ada di dalam tubuh.

Menjaga Kesehatan Kulit

Sebanyak 60 persen jaringan tubuh terdiri dari air, termasuk sel-sel kulit. Oleh karena itu, ketika kurang minum air putih, proses fisiologis tubuh akan terganggu, termasuk sel-sel kulit. Kulit yang mengalami dehidrasi akan terlihat kering dan kusam.

Menjaga Kestabilan Suhu Tubuh

Tubuh kehilangan cairan melalui keringat saat menjalani aktivitas fisik dan berada di lingkungan yang panas. Keringat sendiri membantu menjaga tubuh tetap “dingin”. Namun, suhu tubuh dapat meningkat jika cairan yang hilang tidak segera diganti. Oleh karena itu, jika Anda berkeringat lebih banyak dari biasanya, pastikan minum air putih lebih banyak lagi untuk terhindar dari dehidrasi.

Populer video

Berita lainnya