Cara Agar Anak Tidak Rewel saat Diajak Berbelanja

Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp
Ilustrasi Ajak Anak Belanja
Foto: Istimewa

Celebrithink.com – Para orang tua mungkin pernah merasa kerepotan saat mengajak anak berbelanja ke supermarket, toko atau pasar. Tak jarang, anak rewel karena merengek minta dibelikan sesuatu. Bahkan, kadang kala anak terus merengek sampai mendapatkan yang dia inginkan. Nah, ada beberapa tips yang bisa membantu orang tua untuk mengajak anak belanja. Melansir laman klikdokter, simak info berikut ini.

Jelaskan apa yang tidak dan boleh dilakukan

Sebelum berangkat, sampaikan kepada anak aturan yang harus dilakukan dan tidak boleh dilakukan selama berbelanja. Agar anak ingat, mulai bahas aturan tersebut beberapa hari sebelum berbelanja dan diulang terus setiap harinya saat sebelum tidur atau waktu mengobrol dengan anak.

Beberapa aturan yang bisa diterapkan, misalnya tetap bersama orang tua selama berbelanja, tidak mengambil barang tanpa izin, tidak berteriak dan berlari, tidak mengacak atau menjatuhkan barang, dan sebagainya.

Libatkan anak membuat daftar belanja

Sebelum mengajak anak berbelanja, buatlah daftar belanja barang yang dibutuhkan sehingga anak tahu apa saja yang perlu dibeli saat berbelanja. Daftar belanjaan dapat dibuat lebih sederhana untuk barang yang menjadi tanggung jawab mereka. Dengan begitu,
ia akan fokus pada daftar yang sudah dibuat bersama dan dengan senang hati mencari barang-barang tersebut.

Pahami anak dan buat sibuk saat belanja

Pastikan kondisi anak sehat dan suasana hatinya bagus agar selama berbelanja, anak dapat mengikuti dengan baik tanpa kelelahan atau marah-marah. Ketika sudah sampai di pasar, swalayan, atau pusat perbelanjaan lainnya, berikan anak tugas. Dengan begitu, ia tak akan punya waktu untuk membuat masalah.

Tegas dan konsekuensi

Ketika anak melanggar aturan yang sudah dijelaskan sebelumnya, ingatkan kembali apa konsekuensi yang akan didapatnya. lalu alihkan dia dengan aktivitas lain yang positif seperti membantu mendorong troli belanjaan perlahan.

Jika anak mulai merengek untuk dibelikan barang yang diinginkannya, sebaiknya jangan langsung menuruti kemauan anak. Tetap tenang, beri ruang untuk anak menangis sampai tenang, jika memungkinkan jauhkan dari keramaian. Kemudian beri penjelasan mengapa ia tidak diperbolehkan membeli barang yang dimaksud.

Tawarkan hadiah jika anak berperilaku baik

Mengapresiasi perilaku baik yang anak lakukan dapat membuatnya senang dan merasa dihargai. Pujilah dia setiap beberapa menit sekali karena telah menuruti peraturan yang telah disepakati. Orang tua juga dapat menawarkan hadiah, misalnya dengan membelikan anak camilan yang disukainya di akhir sesi belanja.

Bawa bekal dari rumah

Saat berbelanja, tentu banyak makanan atau barang yang menarik perhatian anak dan anak sering kali merengek meminta dibelikan. Untuk menghindarinya, bawalah camilan sehat kesukaan anak dan mainan yang ia sukai. Dengan begitu, kemungkinan anak meminta jajanan berkurang karena ia merasa sudah memilikinya.

Perhatikan kebutuhan anak yang lainnya

Hal lain yang harus orang tua perhatikan adalah kebutuhan harian anak, seperti buang air besar dan kecil. Jika anak sudah mampu mengucapkan keinginan buang air besar dan kecil, maka akan lebih mudah bagi orang tua untuk mengajaknya segera ke toilet umum tempat perbelanjaan.

Populer video

Berita lainnya