5 Minuman Ini Membantu Anda Tidur Nyenyak Sepanjang Malam

Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp
Foto: Istimewa

Celebrithink.com – Sulit tidur yang diakibatkan insomnia banyak dialami banyak orang saat ini. Apalagi keberadaan gadget membuat sebagian orang tetap terjaga meski sudah larut malam. Pada kasus tertentu, orang yang mengalami insomnia mungkin butuh terapi dan obat tidur.

Tapi tahukan anda ada beberapa makanan dan minuman yang bisa membantu anda untuk tidur. Dilansir dari laman Hellosehat, berikut ini beberapa minuman yang bisa anda coba untuk mengatasi insomnia. Setidaknya anda bisa tidur nyenyak sepanjang malam

Susu hangat

Susu mengandung senyawa aktif triptofan. Kandungan triptofan dalam susu mampu merangsang otak memproduksi hormon serotonin dan melatonin. Kedua hormon inilah yang membuat anda merasa lebih rileks, tenang, dan cepat mengantuk. Selain itu, susu juga tinggi kalsium yang sama-sama bisa bikin ngantuk. Agar tidur nyenyak, ada baiknya Anda mengonsumsi susu hangat sebelum tidur.

Jus ceri

Jus ceri dipercaya sebagai minuman untuk mengatasi insomnia. Ceri memiliki sifat antiradang yang diyakini membantu jam biologis untuk lebih baik mengatur siklus tidur Anda. Pastikan Anda mengonsumsi jus ceri murni tanpa gula tambahan. Dalam sebuah penelitian, penderita insomnia yang mengonsumsi dua ons jus ceri selama dua minggu dapat tidur 90 menit lebih lama daripada yang tidak minum jus sebelum tidur.

Smoothies kacang almond

Kacang almond mengandung magnesium yang bekerja menenangkan sistem saraf. Efeknya, otak akan memicu pelepasan produksi serotonin dan melatonin yang membuat Anda cepat merasa ngantuk.

Teh lavender dan chamomile

Menurut ahli diet Marie Ruggles, teh herbal kombinasi bunga chamomile dan lavender bisa membuat tidur lebih nyenyak. Teh dari bunga chamomile yang dikeringkan mengandung efek yang bisa bantu menghilangkan stres dan menenangkan pikiran. Sedangkan minyak esensial lavender bisa melemaskan saraf tegang setelah seharian beraktivitas.

Teh lemon balm

Dalam sebuah penelitian tentang manfaat kesehatan dari buah lemon balm, salah satunya ditemukan untuk mengatasi masalah insomnia. Dari Peneltian tersebut melaporkan 81 persen orang yang mengonsumsi teh herbal kombinasi lemon balm dan valerian dapat tidur lebih nyenyak dibandingkan orang yang hanya mengonsumsi teh placebo. Lemon balm juga memberikan efek menenangkan dan memperbaiki mood anda agar tidur nyenyak lagi.

Populer video

Berita lainnya