Ini Alasan Pentingnya Take and Give dalam Sebuah Hubungan

Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp
Ilustrasi Hubungan Harmonis
Foto: Istimewa

Celebrithink.com -Take and give atau memberi dan menerima merupakan hal penting dalam sebuah hubungan, baik pertemanan, persahabatan atau percintaan. Hal yang paling penting dalam take and give adalah adanya timbal balik yang dapat diterima satu sama lain, agar hubungan kedua belah pihak menjadi lebih harmonis. Dengan adanya keseimbangan take and give, itu menunjukkan hubungan yang sehat telah terbentuk.

Melansir laman sehatQ, hubungan yang sehat dirancang untuk take and give, dimana kedua pasangan bekerja sama untuk saling memberikan dukungan, dorongan, dan kasih sayang. Kedua pasangan secara alami akan berganti peran menjadi pendukung atau yang didukung saat menghadapi masalah besar dan kecil di dalam kehidupan. Sebaliknya, jika Anda terjebak dalam hubungan tanpa take and give yang seimbang, mungkin Anda akan memiliki pengalaman berikut ini:

Menyembunyikan perasaan Anda

Anda mungkin belajar menyembunyikan emosi dan perasaan agar pasangan tidak menunjukkan emosi negatif seperti sedih, marah, atau kecewa. Anda mungkin akan lebih memilih untuk berpura-pura semuanya baik-baik saja daripada harus mengungkapkan perasaan Anda.

Mengambil tanggung jawab penuh

Saat Anda terlibat dalam hubungan tanpa take and give yang seimbang, Anda hanya berperan sebagai pemberi dengan mengambil tanggung jawab penuh untuk menjaga pasangan dan membuat hidup mereka lebih mudah, bahkan jika harus dengan usaha Anda sendiri.

Ketergantungan pada pasangan

Hubungan tanpa take and give seimbang juga akan membuat Anda merasa terisolasi dan ketergantungan pada pasangan untuk sekadar melakukan interaksi dasar manusia. Anda mungkin mulai melepaskan hubungan dengan teman atau keluarga dan hanya menjadikan pasangan sebagai pusat dunia Anda.

Berusaha keras menjadi sempurna

Hubungan dengan take and give yang tidak seimbang juga dapat membuat Anda ingin melakukan segalanya dengan sempurna agar tidak mengecewakan pasangan. Seringkali hal ini mengarah pada kebutuhan obsesif untuk mengendalikan semua aspek situasi untuk mencapai kesempurnaan yang ideal.

Untuk mengembangkan hubungan dengan take and give secara sehat, harus ada timbal balik. Ada kalanya Anda menjadi pemberi dukungan, dan di lain waktu menjadi penerima dukungan. Berikut ini cara menjaga hubungan sehat dengan take and give:

Bersikap baik dengan siapa pun Anda berhubungan

Tunjukkan sikap berterima kasih, berikan dukungan yang diperlukan dan sampaikan kritik yang membangun serta hindari bersikap negatif seperti meremehkan atau tak acuh.

Jadi pendengar yang baik

Berikan perhatian tulus dengan bertanya apa saja yang terjadi di kehidupan mereka, tunjukkan bahasa tubuh penuh perhatian melalui kontak mata dan komentar yang berkaitan. Bersikaplah empati dan jangan memberikan nasihat kecuali diminta.

Bersikap terbuka

Membuka diri dengan mengungkapkan pengalaman dan kekhawatiran pribadi dapat membangun keintiman dengan teman-teman dan pasangan. Ini menunjukkan bahwa mereka memiliki tempat khusus dalam hidup Anda, dan itu dapat memperdalam hubungan.

Bisa dipercaya

Bersikap bertanggung jawab serta dapat diandalkan adalah kunci untuk membentuk hubungan yang kuat. Penuhi komitmen yang telah Anda buat dan jaga rahasia yang telah dipercayakan kepada Anda.

Meluangkan waktu

Agar hubungan dapat terjalin dengan baik, berusahalah meluangkan waktu untuk menghubungi atau bertemu secara teratur. Menginvestasikan waktu untuk menjalin hubungan yang sehat dengan orang-orang di sekeliling Anda akan memperkuat hubungan dan membangun rasa nyaman.

Populer video

Berita lainnya