Begini Cara Mudah Mengatasi Mata Kering

Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp
Ilustrasi Mata Kering
Foto: Istimewa

Celebrithink.com – Mata kering merupakan keluhan yang cukup sering dijumpai. Meski bukan hal yang berbahaya hingga mengancam fungsi penglihatan, mata kering tetap harus harus ditangani dengan baik. Sebab jika dibiarkan begitu saja, bisa menyebabkan mata terasa gatal, mengganjal, dan mudah lelah.

Bahkan, bila kondisi tersebut tidak segera diobati juga, kornea mata berisiko terluka. Kondisi ini dapat menimbulkan gejala berupa mata merah, terasa terbakar, buram, nyeri, sekaligus pandangan silau. Melansir laman klikdokter, berikut ini cara mengobati mata kering sekaligus mencegahnya agar tak terjadi berulang.

Kompres hangat pada kelopak mata

Kompres hangat dapat dilakukan sekitar 4 kali dalam sehari dengan durasi 3 menit untuk membantu mengatasi mata kering. Anda dapat menggunakan kapas kosmetik yang direndam dalam air hangat, kemudian diperas. Dengan posisi mata tertutup, tempelkan kapas yang masih terasa hangat ke bagian yang mengalami keluhan.

Sering berkedip

Ketika sedang terlalu fokus melakukan sesuatu, beberapa orang terkadang lupa untuk berkedip. Padahal, ini bisa meningkatkan risiko mata kering. Agar tidak mengalaminya, pastikan untuk mengistirahatkan mata sejenak. Upayakan pula berkedip secara sadar guna membantu menjaga kelembapan permukaan bola mata.

Air mata buatan (Artificial Tears)

Anda boleh menggunakan air mata buatan (artificial tears) yang dapat dibeli bebas di apotek. Pastikan juga untuk mematuhi aturan pakai agar manfaatnya lebih terasa. Secara umum, artificial tears dapat digunakan sekitar 4 kali dalam sehari.

Sering melihat jauh

Terlalu sering menatap dalam jarak dekat bisa membuat mata lelah dan kering. Guna mengatasi kondisi tersebut, Anda perlu mengalihkan pandangan untuk melihat objek berjarak 6 meter atau lebih selama 20 detik.

Konsumsi makanan mengandung omega-3

Tingkatkan konsumsi makanan yang tinggi omega 3, seperti seafood, kacang-kacangan, sayur, produk susu, dan telur. Hal ini tidak hanya baik untuk kesehatan mata, mengonsumsi makanan-makanan tersebut dalam jumlah seimbang sangat baik untuk kesehatan tubuh secara keseluruhan.

Terapkan aturan 3D

Bagi Anda yang harus menggunakan komputer atau laptop sepanjang hari, sangat penting untuk menerapkan kebiasaan 3D (distance, direction, dan duration).

Distance berarti Anda mesti memperhatikan jarak mata ke gawai agar tidak terlalu dekat atau terlalu jauh. Direction berarti Anda mesti memperhatikan arah pandangan mata dengan gawai yang digunakan. Usahakan agar arahnya lurus dengan pandangan mata. Hindari penggunaan gawai dengan posisi berbaring. Sedabgkan Duration berarti Anda mesti memperhatikan waktu yang dihabiskan saat menggunakan gawai, yaitu tidak lebih dari 2 jam.

Hindari lingkungan yang berasap

Tidak hanya karena asap rokok, mata kering juga bisa terjadi akibat paparan polusi udara. Oleh karena itu, agar mata tetap sehat, Anda mesti berupaya keluar dari area yang dipenuhi asap.

Populer video

Berita lainnya