Belajar Membuat Telur Asin lewat Buku Karya si Cilik Sofi

Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp
sumber foto: dokumentasi penulis

Apakah Anda penggemar telur asin? Biasanya telur asin menjadi makanan pelengkap yang ada di warung rawon. Menikmati rawon tanpa telur asin memang seperti ada yang kurang.

Namun, pernahkah Anda mencoba membuat telur asin sendiri di rumah? Tahukah Anda bagaimana proses membuat telur asin sehingga memberikan rasa asin itu sendiri pada telur yang masih utuh di dalam cangkang?

Badratunggayi Sofi, adalah seorang anak kelas 5 SD yang menerbitkan buku cara membuat telur asin. Sofi, demikian ia akrab disapa, memang melakukan aktivitas membuat telur asin sebagai agenda belajarnya.

Sofi merupakan peserta belajar di Sanggar Anak Alam (SALAM) Yogyakarta. Berbeda dari sekolah pada umumnya, SALAM menerapkan proses belajar yang didasarkan oleh minat anak. Tidak ada mata pelajaran, seragam, guru dan jam belajar di SALAM. Anak diajak belajar melalui proses mencari tahu, atau yang lumrah disebut sebagai proses riset.

Sofi melewati proses belajarnya lewat praktik membuat telur asin selama kurang lebih 1 semester. Dari proses belajarnya ini, sofi mencatat dan menceritakan aktivitas yang ia lakukan. Hingga akhirnya semua catatan tentang proses belajar melalui aktivitas membuat telur asin ini dituangkan ke dalam sebuah buku, yang bertajuk “Telur Asin, Cerita Proses Belajarku dengan Metode Riset”.

Buku ini adalah buku kedua Sofi, di mana sebelumnya Sofi sudah menerbitkan sebuah buku ketika dia duduk di kelas 2 SD. Buku pertamanya juga bersumber dari aktivitas riset yang dilakukan dalam proses belajarnya di SALAM. Buku pertamanya bertajuk “Misteri Petualangan Dragon di Gunung Kidul”.

Bagi Anda yang ingin mendapatkan buku karya penulis cilik ini, Anda dapat menghubungi lewat pesan langsung ke akun instagram @salam_jogja dengan harga sebesar Rp 30.000,-.

Populer video

Berita lainnya