Pandawara, Bukti Nyata Pengaruh Positif Media Sosial

Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp
sumber foto: instagram @pandawaragroup

Media sosial menjadi produk digital yang paling marak digunakan oleh masyarakat di dunia. Kehadiran media sosial begitu memengaruhi arah kehidupan setiap orang saat ini. Media sosial sudah tidak lagi digunakan untuk kebutuhan pribadi, seperti awal kemunculannya.

Berbagai fitur-fitur yang terus dirilis untuk menarik perhatian penggunanya, membuat media sosial memiliki posisi teratas dari jajaran produk digital lainnya. Setidaknya, Anda mungkin menggunakan satu media sosial saat ini, walaupun bukan untuk kebutuhan pribadi. Anda mungkin menjadi admin untuk salah satu akun. Anda mungkin menggunakan media sosial bukan untuk diri anda sendiri.

Dengan demikian, dampak yang dihasilkan oleh media sosial tentu juga dirasakan saat ini. Tidak ada batas antara penghasil, pencari dan konsumen informasi di media sosial, membuat platform ini memberikan dampak yang signifikan.

Dampak negatif yang disadari kemudian mulai bisa diantisipasi dan banyak orang mulai menyadari akan cara kerja media sosial. Banyak juga dari mereka yang masih berusaha untuk menyebarkan informasi positif dan kebenaran di media sosial.

Seperti halnya yang dilakukan oleh Pandawara, sekelompok anak muda yang betul-betul menggunakan media sosial untuk dampak yang positif. Mengangkat isu mengenai sampah, lima orang pemuda yang berasal dari Jawa Barat, bergerak untuk membersihkan sampah di perairan sekitar tempat tinggal mereka.

Instagram @pandawaragroup menjadi media mereka untuk menunjukkan kepedulian terhadap isu sampah tersebut. Aksi nyata tersebut kemudian mengundang perhatian banyak pihak. Mulai dari komentar apresiatif, hingga menandai akun pemerintah untuk memberikan atensi kepada apa yang dilakukan oleh Pandawara ini.

Sejak awal kemunculannya hingga saat ini, banyak pihak telah mendukung aksi melestarikan lingkungan ini. Pihak yang terlibat mulai dari pemerintah, swasta hingga warga sekitar daerah tempat mereka melakukan aksi kebersihan.

Berkat aksi tersebut, Pandawara juga mendapatkan berbagai penghargaan dari beberapa pihak, melanjutkan aksi membersihkan perairan tidak hanya di daerah Jawa Barat, juga di luar Jawa.

Lebih menarik lagi, kini banyak bermunculan aksi yang serupa di beberapa daerah. Beberapa akun seperti @pancawara, @ksatria atam, @bumantarateam, dan @musuhbebenes, mereka semua berasal dari daerah yang berbeda dan menyuarakan isu yang sama.

Fenomena ini menjadi contoh pemanfaatan media sosial yang berdampak begitu positif bagi kehidupan masyarakat. Aksi yang hingga dapat melibatkan lebih banyak orang untuk melakukan kebaikan, dan menggerakkan kelompok pemuda di berbagai daerah untuk melakukan hal yang sama. Aksi heroik ini kemudian betul-betul menjadi panutan, yang kemudian harus ditiru untuk menggerakkan isu lainnya yang menjadi masalah di masyarakat.

Populer video

Berita lainnya