Ketahui Waktu yang Tepat untuk Menyikat Gigi

Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp
Ilustrasi Menyikat Gigi
Foto: Istimewa

Celebrithink.com – Menggosok gigi merupakan salah satu cara yang mudah dan efektif membersihkan plak gigi. Meksi begitu, menyikat gigi tidak boleh dilakukan dengan asal-asalan. Karena jika dilakukan sembarangan, sisa-sisa kotoran di gigi tidak akan hilang dan bisa memicu penyakit gigi dan mulut.

Karenanya Anda perlu memperhatikan beberapa faktor saat menyikat gigi, seperti pemilihan jenis sikat gigi dan pasta gigi, masa penggantian sikat gigi, teknik sikat gigi, serta waktu yang tepat untuk menyikat gigi.

American Dental Association (ADA) merekomendasikan menyikat gigi dua kali sehari dengan menggunakan pasta gigi yang mengandung fluoride. Melansir laman klikdokter, Anda dapat menyikat gigi di pagi dan malam hari dengan memperhatikan beberapa hal berikut:

Pagi Hari

Waktu menyikat gigi yang baik di pagi hari adalah setelah sarapan. Namun, ada baiknya untuk menunggu setidaknya 30-60 menit antara sarapan dengan jadwal menyikat gigi. Sebab, saat makan, pH air liur akan turun sehingga asam dalam rongga mulut meningkat. Ketika aktivitas menggosok gigi dilakukan saat kondisi mulut bersifat asam, dapat berpotensi besar untuk melemahkan dan mengikis lapisan enamel.

Malam Hari

Waktu yang tepat untuk sikat gigi di malam hari adalah sebelum tidur. Sebab saat tidur, tidak ada aktivitas di dalam rongga mulut sehingga pH akan bersifat asam. Hal ini membuat aktivitas kuman dan bakteri dapat meningkat dua kali lebih cepat dibandingkan pada siang hari.

Air liur yang berfungsi sebagai self-cleansing juga akan berkurang. Karenanya jika tidak menggosok gigi sebelum tidur, Anda memberikan kesempatan bagi bakteri untuk berkembang biak di rongga mulut. Bakteri akan mengubah sisa makanan menjadi asam yang dapat melarutkan enamel gigi. Akibatnya, bisa timbul kerusakan gigi seperti karies dan gigi berlubang.

Populer video

Berita lainnya