Begini Urutan Pemakaian Skincare di Pagi Hari yang Tepat

Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp
Ilustrasi Perawatan Kulit Wajah
Foto: Istimewa

Celebrithink.com – Paham dan mengetahui urutan skincare pagi menjadi salah satu faktor penting dalam menjaga kesehatan dan kecantikan kulit. Sebab, setiap kondisi kulit membutuhkan urutan pemakaian skincare pagi yang berbeda-beda. Untuk itu, Anda harus kenali jenis dan kebutuhan kulitmu. Melansir laman klikdokter, sebelum memulai hari, rawat kulitmu dengan urutan pakai skincare pagi di bawah ini:

Sabun cuci muka

Saat tidur bakteri dan kuman di bantal dapat menempel di kulit wajah. Maka itu,disarankan untuk mencuci muka di pagi hari sebelum menggunakan skincare di pagi hari. Membersihkan wajah di pagi hari dapat mengurangi risiko infeksi dan tanda-tanda penuaan dini. Pastikan Anda mencuci muka dengan gerakan lembut dan pembersih muka sesuai jenis kulit.

Eksfoliasi

Eksfoliasi di pagi hari dapat menghilangkan sel kulit mati penyebab kulit kusam dan membuat kulit lebih halus. Pada kondisi tertentu, eksfoliasi malam hari dengan kandungan kuat dapat menyebabkan atau meningkatkan risiko iritasi. Jika Anda ingin eksfoliasi kulit, bisa lakukan di pagi hari 1-2 kali seminggu untuk hasil maksimal.

Toner

Anda dapat mengaplikasikan toner wajah sesuai jenis kulit. Toner berguna untuk membantu menghilangkan sisa kotoran di wajah yang tidak terangkat oleh facial cleanser bila diusap dengan kapas. Fungsi toner di pagi hari juga berguna untuk membuat wajah kamu lebih siap untuk menggunakan rangkaian skincare lainnya.

Essence

Setelah menggunakan toner, Ana dapat melanjutkan tahapan skincare pagi dengan menggunakan essence. Manfaat essence dapat membuat skincare yang Anda gunakan di pagi hari lebih meresap dengan baik. Essence biasanya terdiri dari beberapa bahan aktif seperti hyaluronic acid, vitamin C, dan sebagainya. Pilihlah kandungan yang sesuai jenis kulit wajah kamu.

Serum

Selanjutnya memakai serum. Gunakan serum sebanyak 1-2 tetes saja di pagi hari untuk menjaga kulit tetap sehat. Beberapa serum wajah memiliki kandungan dan formulasi yang berbeda-beda. Oleh karena itu, perhatikan label kemasan dan komposisi yang tertera pada produk sebelum memilih serum.

Moisturizer

Pemakaian pelembap di pagi hari juga tidak boleh dilewatkan, apalagi jika Anda memiliki jenis kulit kering. Tidak memakai pelembap dapat membuat wajah terasa kencang dan kering sepanjang hari. Selain itu, wajah yang tidak cukup lembap juga dapat membuat produk skincare yang kamu gunakan di pagi hari tidak bekerja dengan baik.

Sunscreen

Tahapan skincare pagi yang tidak kalah penting adalah sunscreen atau tabir surya. Hal ini perlu dilakukan meskipun Anda berada di dalam rumah sekali pun. Pasalnya, sunscreen berfungsi melindungi kulit dari kerusakan akibat sinar UV. Penggunaan sunscreen sebaiknya tiga puluh menit sebelum beraktivitas pada pagi hari.

Populer video

Berita lainnya