Begini Cara Ampuh Usir Tungau dari Kasur

Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp
Foto: IST

Celebrithink.com – Keberadaan tungau atau kutu busuk di tempat tidur dapat sangat mengganggu istirahat Anda. Sebab, serangga ini dapat menggigit dan menimbulkan kulit gatal-gatal. Namun, ukurannya yang sangat kecil membuat serangga ini tidak mudah terlihat.

Serangga ini umumnya bersembunyi di kasur, stop kontak, bahkan dinding dan langit-langit kamar. Lantas, bagaimana cara membasmi tungau dari kasur? Simak penjelasan berikut ini.

Identifikasi serangan tungau

Jika melihat bekas gigitan serangga di kulit, pastikan itu terjadi akibat serangan tungau. Untuk memudahkan proses mengusirnya, temukan tempat yang terserang tungau.

Bersihkan kamar tidur

Bersihkan kamar tidur dan area yang terserang tungau. Selain itu, perhatikan juga tumpukan pakaian yang mungkin menjadi tempat sembunyi tungau.

Sedot dengan vakum

Gunakan vakum untuk membersihkan jendela, lantai, kasur, furnitur, dan bagian lain di kamar. Selanjutnya, buang kotoran yang tersedot ke luar rumah dalam wadah tertutup.

Posisi kasur

Jauhkan kasur dari dinding atau furnitur lain di kamar. Cara ini akan mencegah tungau menyerang banyak area di kamar.

Tutup area masuk tungau

Tutup retakan, bukaan, atau lubang di sekitar kamar dan rumah untuk mencegah dijadikan tempat tinggal oleh tungau.

Cuci dengan air panas

Mencuci seprai dan pakaian dalam air panas selama 30 menit dapat membasmi tungau. Setelah itu, masukkan ke dalam pengering dengan pengaturan panas tertinggi selama 30 menit.

Panaskan area yang terserang tungau

Tungau suka hidup di tempat yang lembab. Karena itu, gunakan steamer di kasur, sofa, dan tempat lain yang menjadi tempat tungau untuk bersembunyi. Serangga ini akan mati terkena panas.

Jemur di bawah Matahari

Letakkan barang-barang yang terinfestasi tungau di luar ruangan pada hari yang panas. Sinar Matahari akan mampu membasmi hama ini. Sebagai alternatif, barang yang terinfeksi juga bisa ditaruh dalam mobil tertutup yang panas.

Gunakan bahan alami

Bahan-bahan alami dapat menjadi alternatif lebih baik untuk membasmi tungau tanpa ancaman efek zat kimia. Bahan yang bermanfaat membasmi tungau, yaitu air garam, cuka, aroma durian, daun sirsak, dan lavender.

Gosok kasur dengan sikat

Sikat kaku dapat digunakan menggosok kasur untuk menghilangkan tungau dan telurnya. Setelah itu, baru kasur bisa dibersihkan dengan penyedot debu.

Populer video

Berita lainnya