Lawan Rasa Malas Anda dengan Cara Ini

Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp
Ilustrasi Malas
Foto: Istimewa

Celebrithink.com – Rasa malas pada umumnya diartikan dengan tidak melakukan kegiatan yang sebenarnya bisa dia lakukan. Rasa malas bisa terjadi akibat sejumlah alasan, seperti target yang tidak realistis, menginginkan hasil sempurna (perfeksionis), atau tidak menyusun rencana.

Jika kondisi ini dibiarkan berlarut-larut, bukan tidak mungkin akan menghambat aktivitas yang Anda lakukan. Kondisi ini juga bisa memicu kebiasaan malas gerak alias mager yang berujung pada berbagai masalah kesehatan. Melansir laman hellosehat, berikut ini beberapa cara menghilangkan rasa malas yang bisa Anda coba.

Tetapkan target yang bisa dicapai

Sebuah target yang tidak realistis bisa membuat Anda kewalahan. Akibatnya, ini akan memadamkan semangat dan keinginan untuk menyelesaikan aktivitas tersebut. Maka itu, selalu usahakan untuk menetapkan target yang lebih kecil dan bisa dicapai sesuai kemampuan Anda. Hal ini dipercaya bisa menjadi salah satu cara melawan rasa malas.

Jangan terlalu perfeksionis

Sebuah analisis dalam Psychological Bulletin (2017) mengungkapkan bahwa mahasiswa kian mengalami peningkatan perfeksionisme selama bertahun-tahun. Lingkungan kerja yang menuntut kesempurnaan ini menjadikan anak muda lebih kompetitif. Ini sebabnya mereka menjadi lebih kritis terhadap diri sendiri. Bahkan, tidak jarang perfeksionisme menyebabkan depresi dan rasa malas dalam tingkat tinggi.

Susun rencana kegiatan

Dalam mencapai target, rencana tidak kalah penting dari niat dan semangat. Bersikap realistis dengan melihat kemampuan dan waktu yang Anda miliki sangat penting untuk memenuhi target. Dengan menyusun rencana akan memberikan Anda arahan dan meningkatkan kepercayaan diri, terutama saat menghadapi rintangan sepanjang prosesnya.

Hargai setiap proses

Jika Anda berhasil mencapai target-target kecil, hargailah dengan merayakannya. Cara ini dapat membantu meningkatkan motivasi dan melawan rasa malas sehingga Anda bisa mendapatkan kesuksesan dalam jangka panjang. Hal ini akan terus membuat Anda bersemangat untuk mencapai tujuan yang lebih besar.

Minta bantuan orang lain

Meminta bantuan bukan tanda bahwa diri Anda lemah, melainkan sebagai sebuah upaya untuk mencapai keberhasilan dengan menerima masukan dari orang lain. Meminta bantuan rekan kerja bisa jadi sebenarnya penting dalam membangun hubungan dan meningkatkan motivasi Anda.

Penuhi asupan makanan sumber energi

Perbaikan gaya hidup juga bisa membantu melawan rasa malas. Anda bisa memulainya dengan memilih asupan makanan bergizi dan kaya energi. Konsumsi makanan tinggi protein dapat meningkatkan energi dan menjaga kadar gula darah tetap stabil. Ini sekaligua membuat Anda semangat beraktivitas setiap hari.

Rutin olahraga

Hal ini bermanfaat dalam meningkatkan energi, memperbaiki suasana hati, serta mengurangi stres, kecemasan, dan depresi. Cobalah menyempatkan beberapa menit dalam sehari untuk berolahraga, seperti dengan berjalan kaki atau bersepeda untuk melawan kemalasan tersebut.

Populer video

Berita lainnya