Badan Anda Terlalu Kurus? Begini Cara Cepat Menggemukkannya

Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp
Ilustrasi Menimbang Berat Badan
Foto: Istimewa

Celebrithink.com – Memiliki Berat badan berlebihan (obesitas) bisa menyebabkan risiko penyakit kronis semakin meningkat. Sebaliknya, mempunyai berat badan yang rendah juga kurang baik. Karena tubuh bisa cepat lelah, sistem imun lemah, dan rentan mengalami masalah tulang. Oleh karenanya, bagi yang memiliki berat bada kurang dari rentang normal atau bahkan terlalu kurus, perlu segera menambah berat badan.

Ya, memiliki berat badan yang ideal turut menjadi kewajiban agar tubuh tetap sehat. Sebenarnya, ada banyak cara untuk menaikkan berat badan, tapi tidak semuanya sehat untuk tubuh. Melansir laman hellosehat, berikut ini ada beberapa cara untuk menggemukkan badan dengan cepat dan sehat.

Tingkatkan porsi makan

Apabila biasanya Anda makan 2 centong nasi, mulai sekarang tambahkan 1 centong nasi lagi. Total kalori pada nasi yang akan Anda nikmati ini sebesar 300 kkal. Jumlah kalori dari makanan yang lain tinggal menyesuaikan.

Makan lebih sering

Salah satu cara untuk menggemukkan badan dengan cepat adalah memperbanyak porsi makan. Namun, makan dalam porsi besar sekaligus, bukan cara yang sehat karena justru hanya membuat Anda kekenyangan. Untuk mengakalinya, Anda bisa makan dalam porsi kecil tapi sering.

Makan lebih sering memungkinkan tubuh menggunakan makanan sebagai sumber energi, bukan lemak yang tersimpan di tubuh, sehingga mencegah penurunan berat badan. Bila dilakukan secara rutin dan tepat, kenaikan berat badan bisa Anda dapatkan.

Pilih makanan yang tinggi kalori

Anda disarankan untuk memilih makanan penambah berat badan yang berkalori dan berlemak tinggi. Dengan aturan, asupan makanan yang mengandung lemak hewani tetap perlu dibatasi karena biasanya tinggi lemak jenuh, seperti keju, margarin, atau produk susu lainnya. Anda bisa memilih makanan yang kaya kalori dari sumber lemak nabati, yang ada pada kacang-kacangan dan biji-bijian.

Jangan lupa ngemil sehat

Ngemil bisa jadi penyedia energi bagi tubuh sehingga tidak perlu lagi mengambil lemak dari tubuh yang akhirnya membuat tubuh jadi lebih kurus. Meski diperbolehkan, cara menggemukkan badan dengan cepat ini tetap harus Anda perhatikan. Hindari makanan seperti keripik asin atau donat yang tinggi kalori tapi kurang menyehatkan, terutama dalam menyebabkan kenaikan gula darah dan tekanan darah.

Minum jus atau smoothie mengenyangkan

Racik smoothie pengganti makan Anda dengan susu full cream dan lengkapi dengan variasi buah segar favorit. Untuk tambahan kalori, Anda bisa mencampurkan biji rami, selai kacang, atau bubuk protein ke dalam smoothie Anda.

Minum susu whey protein

Jenis susu ini mengandung whey, yakni sisa susu yang dihasilkan dalam produksi keju. Tipe protein dalam minuman ini bisa membantu menaikkan berat badan Anda dengan membentuk jaringan otot. Jika dikombinasikan dengan olahraga rutin, susu ini bisa membantu mempercepat pemulihan otot-otot yang rusak.

Pilih latihan kekuatan otot

Agar cara menggemukkan berat badan dengan cepat yang Anda lakukan jadi lebih optimal hasilnya, imbangkan dengan olahraga. Terutama latihan kekuatan otot, yang bisa membantu Anda menambah berat badan dengan membangun dan menguatkan otot-otot tubuh. Biasanya, jenis olahraga ini dapat merangsang nafsu makan sehingga bisa membuat Anda makan lebih banyak dari biasanya.

Populer video

Berita lainnya