Manfaat Sabun Susu Kambing untuk Mengatasi Eksim

Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp
Ilustrasi Sabun Susu Kambing
Foto: Istimewa

Celebrithink.com – Eksim merupakan kondisi peradangan pada kulit yang menyebabkan kering, gatal, ruam, bercak bersisik, lecet, dan infeksi kulit. Banyak faktor yang menyebabkannya, termasuk interaksi pada lingkungan dan faktor genetik. Sementara eksim yang tidak diobati dengan benar akan menyebabkan penderitanya terus-menerus merasa gatal.

Adapun beberapa cara yang bisa dipilih untuk mengobati eksim, salah satunya adalah dengan menggunakan sabun susu kambing. Melansir laman klikdokter, berikut manfaat dan cara penggunaan susu kambing untuk mengatasi masalah eksim.

Lembut dan efektif untuk kulit kering

Susu kambing memiliki pH yang sama dengan kulit manusia. Sehingga, ketika Anda membersihkan tubuh dengan susu kambing, Anda tidak mengganggu mantel asam, atau mikrobioma alami kulit. Oleh sebab itu, susu kambing pun dinilai cocok untuk dibuat sebagai sabun untuk eksim.

Menjaga kelembapan kulit

Masalah utama dari eksim adalah kulit yang terasa kering dan gatal. Oleh sebab itu, melembapkan kulit menjadi cara terbaik untuk mengatasi eksim. Nah, Salah satu keistimewaan sabun susu kambing adalah kandungan asam laktat.

Asam alfa-hidroksi (AHA) ini dikenal dengan sifat hidrasi dan pengelupasan kulitnya yang lembut. Melansir Healthline, asam laktat terbukti meningkatkan produksi ceramide, perekat di antara sel-sel kulit.

Menjaga skin barrier

Susu kambing memiliki kandungan vitamin A, asam laktat, asam lemak, probiotik yang membantu menjaga skin barrier. Pada orang yang memiliki eksim, biasanya skin barrier-nya rusak. Jadi, produk perawatan yang mengandung susu kambing bisa membantu memperbaikinya.

Selain itu, Healthline menyebutkan bahwa probiotik oral pada asam laktat telah digunakan untuk mengobati eksim pada bayi. Karena probiotik juga ditemukan dalam asam laktat yang terdapat pada susu kambing, penggunaan sabun susu kambing untuk mengatasi eksim pun patut dicoba.

Populer video

Berita lainnya