Ketahui Fakta Ini Sebelum Anda Pasang Behel Gigi

Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp
Ilustrasi Pasang Kawat Gigi
Foto: Istimewa

Celebrithink.com – Behel atau kawat gigi bisa memperbaiki penampilan Anda, terutama bagi mereka yang memiliki gigi berantakan (maloklusi). Maloklusi terjadi akibat susunan tulang rahang dan gigi yang tidak sejajar. Namun, di awal-awal pemasangan, Anda mungkin akan merasa tidak nyaman menggunakan alat ini. Melansir laman hellosehat, berikut ini fakta yang perlu diketahui sebelum memasangan kawat gigi.

Behel gigi tak hanya untuk anak atau remaja

Sebenarnya, tidak ada batasan usia untuk memakai kawat gigi. Faktanya, Anda bisa menggunakan kawat gigi pada usia berapa pun untuk memperbaiki gigi. Namun, prosedur ini hanya bisa dilakukan dengan catatan gigi, gusi, dan tulang periodontal Anda masih dalam keadaan sehat dan kuat.

Behel tidak dianjurkan untuk Anda yang memiliki gigi dan gusi yang tidak sehat. Ini karena pemasangannya memberikan tekanan berlebih terhadap gusi dan gigi. Perawatan behel juga membutuhkan usaha ekstra. Hal ini tentu berisiko membuat masalah gigi dan gusi kian bertambah parah bila Anda tidak menjaga kesehatannya dengan benar.

Rata-rata pemakaian kawat gigi selama dua tahun

Ini bukan fakta mutlak. Lamanya pemakaian kawat gigi bisa berbeda pada tiap orang, tergantung kondisi gigi yang memengaruhi rencana perawatan. Jika dokter mendiagnosis kelainan dentoskeletal, Anda mungkin butuh waktu perawatan lebih lama yang melibatkan prosedur bedah mulut untuk menanganinya.

Usahakan tidak mengganti dokter gigi

Durasi penggunaan behel menyebabkan Anda berisiko ganti dokter gigi. Sayangnya, hal ini bisa meningkatkan biaya yang harus Anda keluarkan untuk pasang dan perawatan behel gigi. Sebelum pasang behal gigi, pertimbangkan dulu apakah Anda bisa rutin kontrol ke dokter gigi yang sama dalam jangka panjang.

Sebagian dokter gigi mungkin tidak keberatan melanjutkan perawatan yang sudah Anda jalani sebelumnya. Namun, ada pula dokter gigi yang mewajibkan untuk memulai terapi lagi dari awal. Hal ini tentu akan memakan biaya lagi yang tidak murah.

Behel plastik transparan belum tentu cocok

Banyak pasien, terutama anak-anak dan remaja, menginginkan behel gigi berbahan plastik transparan atau juga dikenal sebagai Invisalign. Namun, fakta pentingnya adalah tidak semua pasien dianjurkan untuk memakai behel gigi yang satu ini. Hanya sebagian orang dengan kasus yang tidak begitu parah boleh pasang behel plastik transparan.

Invisalign punya cara kerja yang sama seperti behel gigi konvensional. Alat ini akan memindahkan gigi ke posisi yang diinginkan dengan memberikan tekanan pada gigi. Meski begitu, harga perawatan gigi ini terbilang lebih mahal daripada behel gigi pada umumnya.

Nyeri setelah pasang behel

Proses pemasangan kawat gigi sendiri dapat menimbulkan rasa nyeri dan tidak nyaman. Hal ini diakibatkan tekanan dari kawat untuk memperbaiki atau merapikan gigi Anda. Namun, Anda tidak perlu khawatir Dokter gigi akan memberikan resep obat pereda nyeri untuk membantu mengurangi rasa sakit yang Anda alami.

Populer video

Berita lainnya