Simak Daftar Makanan yang Baik untuk Kesehatan Rambut

Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp
Manfaat Telur untuk Rambut
Foto: Istimewa

Celebrithink.com – Memiliki rambut sehat dan indah tentu menjadi dambaan setiap orang. Karenanya banyak bermunculan produk-produk perawatan rambut, yang menawarkan khasiatnya untuk mendapatkan rambut yang oke. Faktanya, bukan hanya kesehatan rambut yang harus terus terjaga, ada beberapa makanan yang juga bisa diandalkan untuk menjaga rambut agar tetap sehat. Berikut daftar makanan yang baik untuk rambut berikut ini:

Ikan Berlemak

kan berlemak seperti salmon, tuna, dan sarden adalah sumber asam lemak tidak jenuh (omega-3). Penelitian membuktikan, omega-3 termasuk sebagai jenis asam lemak yang terbukti dapat mengurangi rambut rontok.

Kacang-Kacangan

Folikel rambut tersusun dari protein. Oleh sebab itu, salah satu nutrisi penting untuk menjaga kesehatan rambut adalah konsumsi sumber protein dalam jumlah yang cukup. Salah satu sumber protein yang baik adalah kacang-kacangan. Jenis kacang apa pun bisa diandalkan, seperti kacang merah, kacang tanah, dan kacang hitam.

Brokoli

Brokoli memiliki kandungan enzim indole-3-carbinol (I3C) yang bersifat sebagai antioksidan kuat. Dengan kandungan tersebut, brokoli memberikan manfaat berupa perlindungan struktur DNA di berbagai sel tubuh, termasuk sel rambut. Dengan begitu, sel rambut juga akan terjaga dari oksidan.

Wortel

Vitamin A sangat baik dalam perkembangan sel kulit, termasuk sel rambut sebagai salah satu bagian dari kulit. Sementara wortel adalah sumber provitamin A dalam jumlah yang tinggi. Makanan sehat ini juga mudah diolah, misalnya menjadi sup, salad, atau bahkan kue. Wortel bisa membantu memenuhi nutrisi untuk rambut.

Kedelai

Bahan dasar tahu dan tempe ini juga merupakan sumber protein yang sangat baik. Kandungan isoflavon di dalamnya menjadi primadona, karena mampu menangkal radikal bebas. Selain baik dari segi kandungan protein, kandungan antioksidan yang ada di dalam kedelai dapat menjaga kesehatan dan kekuatan rambut.

Telur

Telur kaya akan biotin, yaitu suatu zat yang memiliki peran dalam proses pertumbuhan rambut. Salah satu gejala kekurangan biotin adalah kebotakan (alopecia) dan penipisan rambut.

Susu Sapi dan Produk Turunannya

Selain kaya akan kalsium, susu sapi dan turunannya (keju, mentega, yoghurt, dan lainnya) merupakan sumber mineral seng (Zn) yang melimpah. Seng sendiri merupakan komponen penting dalam proses pertumbuhan rambut. Saat terjadi kekurangan seng, rambut mudah kusam dan rontok.

Sayuran Hijau

Sayuran berwarna hijau seperti bayam, sawi hijau, dan kale merupakan sumber vitamin C, zat besi, serta folat yang baik. Sementara vitamin yang bisa menyehatkan rambut salah satunya vitamin C. Manfaat vitamin C untuk rambut tak hanya untuk meregenerasi sel, namun juga berperan dalam produksi sebum (minyak).

Gandum

Selain mengandung banyak serat, gandum memiliki kandungan zat besi dan kaya vitamin B. Kedua vitamin dan mineral ini bermanfaat untuk kesehatan sel tubuh secara keseluruhan, termasuk sel rambut.

Jambu Biji

Buah yang populer dibuat jus ini merupakan sumber makanan kaya vitamin C. Di dalam 1 cangkir buah jambu biji terkandung vitamin C hingga 377 miligram. Manfaat vitamin C jambu biji berguna untuk produksi sebum dan menjaga kekuatan rambut agar tidak mudah rontok.

Pisang

Buah pisang yang mengandung potassium dapat membantu rambut lebih lembut dan mudah diatur. Buah pisang juga dapat melindungi rambut dari kerusakan dan ujung yang bercabang. Bahkan, pisang adalah buah terbaik untuk pertumbuhan rambut. Agar rambut bisa lebih lebat, makan pisang dapat membantu.

Populer video

Berita lainnya