Catat! Ini Manfaat Main Voli untuk Kesehatan Tubuh

Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp
Bola Voli
Foto: Istimewa

Celebrithink.com – Olahraga Voli di Indonesia mungkin tak setenar bulutangkis atau sepakbola. Walaupun demikian, olahraga beregu ini juga memiliki segudang manfaat bagi kesehatan. Bahka, manfaat bermain voli disebut-sebut efektif membakar kalori hingga mencegah stres. Melansir laman klikdokter, simak manfaat bermain voli untuk kesehatan berikut ini.

Efektif membakar kalori

Menurut penelitian yang dilakukan Harvard Medical School, manfaat main voli efektif membakar banyak kalori. Pasalnya, olahraga ini melibatkan gerakan melompat dan lari yang dilakukan secara berulang. Peneliti menemukan bermain voli harian, di luar kompetisi profesional, selama 30 menit di lapangan biasa (bukan pasir) efektif membakar 90–133 kalori.

Berat badan ideal

Berat badan berlebih maupun obesitas dapat meningkatkan risiko terkena berbagai penyakit. Untuk mencegah hal tersebut, perlu rutin berolahraga. Nah, salah satu olahraga yang bisa dilakukan adalah bermain voli. Rutin bermain voli dapat membantu Anda memperoleh berat badan ideal.

Membantu kurangi risiko penyakit kronis

Gerakan voli membuat jantung bekerja lebih baik dalam memompa darah. Manfaat ini pada gilirannya memperlancar aliran darah ke seluruh tubuh. Ketika kesehatan jantung meningkat, risiko penyakit kronis, seperti hipertensi, penyakit jantung, dan diabetes pun diduga bisa ikut berkurang.

Meningkatkan kekuatan otot dan tulang

Bermain voli dapat meningkatkan kekuatan otot dan tulang. Terutama otot bagian lengan atas dan bahu. Olahraga voli juga dapat meningkatkan kekuatan tulang kaki karena adanya gerakan berulang dalam menyangga beban tubuh.

Mengoptimalkan metabolisme

Olahraga voli disebut bermanfaat dalam mengoptimalkan sistem metabolisme (pengolahan zat gizi jadi energi) di dalam tubuh. Pasalnya, saat bermain voli detak jantung ikut meningkat. Peningkatan detak jantung tersebut memperlancar peredaran darah dan nutrisi ke seluruh tubuh.

Menjaga kesehatan paru

Dengan melakukan olahraga voli secara rutin, metabolisme tubuh dapat terjaga dengan baik sehingga dapat membantu melindungi kesehatan organ, termasuk paru-paru. Manfaat permainan bola voli bagi kesehatan paru, terutama karena kamu harus mengatur ritme pernapasan selama bermain.

Keseimbangan

Butuh kelenturan, kecepatan, kekuatan serta keseimbangan yang baik untuk melakukan gerakan menyerang, memblokir, servis, maupun mengoper bola selama bermain voli. Aktivitas ini bisa meningkatkan keseimbangan fisik kamu secara keseluruhan.

Mencegah stres

Seperti olahraga pada umumnya, bermain voli dapat meningkatkan suasana hati. Hal ini disebabkan karena tubuh melepaskan hormon endorfin selama main voli. Karena manfaatnya dalam memproduksi endorfin, banyak ahli kesehatan yang menganjurkan olahraga teratur sebagai terapi mengobati depresi, serta gejala kecemasan ringan hingga sedang.

Populer video

Berita lainnya