Atasi Kulit Kering pada Tangan, Coba Cara Ini

Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp
Kulit Kering
Foto: Istimewa

Celebrithink.com – Ada sejumlah pemicu yang menyebabkan kulit tangan menjadi kering. Mulai dari cuaca, terlalu sering penggunaan sabun berbahan keras, penyakit tertentu, hingga paparan bahan kimia di lokasi Anda bekerja. Meski kulit kering pada tangan bukan kondisi yang berbahaga, ini penting diatasi karena bisa membuat kulit tangan menjadi kasar, pecah- pecah, kemerahan, atau bahkan berdarah.

Kulit kering pada tangan harus ditangani agar ketidaknyamanan yang ditimbulkan tidak menganggu aktivitas. Nah, ada banyak cara untuk mengatasi kulit kering pada tangan. Melansir laman alodokter, berikut beberapa cara untuk mengatasi kulit kering pada tangan.

Oleskan pelembap

Untuk mencegah dan mengatasi kulit kering, aplikasikan pelembap ke seluruh tubuh, termasuk tangan, setiap usai mandi dan sebelum tidur. Anda juga dianjurkan mengoleskan pelembap setiap selesai mencuci tangan agar kelembapan kulit tangan kembali terjaga.

Pelembap yang dapat digunakan ada beragam, tapi sebaiknya pilih yang mengandung gliserin, hyaluronic acid, asam laktat, dan shea butter.

Menggunakan sarung tangan

Agar kondisinya tidak semakin parah, gunakan sarung tangan saat melakukan aktivitas yang bisa memicu kulit kering. Misal saat Anda mencuci piring, disarankan untuk mengenakan sarung tangan agar minyak alami di kulit tidak terkikis oleh air.

Menggunakan sabun berbahan lembut

Cek kembali sabun yang digunakan untuk mandi atau mencuci tangan. Jika sabun yang digunakan mengandung deterjen, sodium lauryl sulfate, parfum, maka sebaiknya hentikan penggunaannya. Anda disarankan beralih ke sabun yang berbahan lembut dan tidak mengandung parfum, agar kulit kering pada tangan tidak semakin parah.

Menjaga pola makan

Kesehatan kulit tangan juga perlu dijaga dari dalam, sehingga Anda disarankan untuk menerapkan pola makan sehat dan mengonsumsi banyak air putih.

Populer video

Berita lainnya