Begini Cara Menjaga Berat Badan Setelah Lebaran

Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp
Jaga Berat Badan Setelah Lebaran
Foto: Istimewa

Celebrithink.com – Makanan lezat dan mengandung santan, menjadi makanan yang identik dengan sajian khas Lebaran. Biasanya, kebanyakan orang juga lupa diri lantaran tergiur beragam menu yang lezat, sehingga mengonsumsinya secara berlebihan. Walhasil, bukan tidak mungkin kenaikan berat badan menjadi kenangan yang didapat setelah Lebaran. Nah, melansir laman halodoc, simak cara ini untuk menjaga berat badan Anda.

Menjaga pola makan teratur

Saat Lebaran, sebaiknya jalani pola makan yang teratur. Tetaplah makan di jam makan seperti biasanya. Jika ingin mengonsumsi camilan, sebaiknya pastikan Anda tidak terlalu banyak mengonsumsinya. Setelah lebaran, tetaplah menjalani pola makan yang teratur. Jangan melewati waktu sarapan untuk menjaga berat badan tetap terkontrol.

Banyak makan buah saat Lebaran

Selain menyegarkan, buah juga bisa menjadi camilan sehat untuk dikonsumsi, sehingga Anda bisa menjaga berat badan dengan lebih mudah. Pasalnya, buah memiliki kandungan serat tinggi yang bisa membantu Anda merasa kenyang lebih lama. Dengan begitu, keinginan mengonsumsi camilan pun akan berkurang.

Perhatikan porsi makan Anda

Berbagai sajian makanan lezat yang menjadi ciri khas lebaran memang sangat menggoda. Tetapi, sebaiknya Anda memerhatikan jumlah makanan yang dikonsumsi. Jangan lupa untuk memperbanyak porsi sayur yang disediakan agar berat badan tetap terkontrol dengan baik.

Penuhi cairan tubuh

Saat berkumpul di momen lebaran, sebaiknya jangan lupa memenuhi kebutuhan cairan tubuh dengan mengonsumsi air putih. Kebutuhan cairan yang terpenuhi dengan baik membuat kamu terhindar dari kondisi dehidrasi. Sebab, ketika tubuh terhidrasi dengan baik kamu bisa menekan nafsu makan sehingga lebih mudah mengontrol berat badan.

Perbanyak aktivitas fisik

Saat lebaran sebaiknya perbanyak aktivitas fisik di dalam rumah, seperti membersihkan area makan, mencuci piring, atau mengajak keluarga bermain di halaman depan. Setelah Lebaran selesai, jangan lupa untuk kembali berolahraga agar kesehatan tetap dalam kondisi yang baik. Anda bisa melakukan olahraga dengan intensitas ringan hingga sedang, seperti berjalan kaki, lari, bersepeda, berenang, ataupun yoga.

Populer video

Berita lainnya