Ini Menu Sehat untuk Merayakan Hari Lebaran

Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp
Ilustrasi Ketupat Opor
Foto: Istimewa

Celebrithink.com – Selain kumpul keluarga, Lebaran identik dengan makan bersama. Tak pelak, beragam makanan pun disajikan, mulai dari makanan manis, ketupat, dan lauk opor. Meski dikelilingi aneka makanan yang menggugah selera, Anda tetap harus memerhatikan porsi dan makanan yang dikonsumsi. Hal itu diperlukan agar kesehatan Anda tetap terjaga di hari Lebaran.

Nyatanya, kebanyakan makanan yang tersaji di hari Lebaran kaya akan santan. Sehingga, jika Anda mengonsumsinya secara berlebihan, dapat menyebabkan dampak buruk bagi kesehatan. Maka dari itu, Anda disarankan menyediakan menu makanan sehat. Melansir laman halodoc, berikut ini beberapa menu sehat yang bisa Anda hidangkan dalam merayakan hari Lebaran.

Sayur sop

Mengonsumsi sayur sop dapat memenuhi kebutuhan nutrisi di dalam tubuh dan menjaga berat badan tetap stabil. Apalagi, makanan yang hangat ini terbuat dari berbagai jenis sayuran di dalamnya. Umumnya sayur sop terbuat dari wortel dan kentang.

Ikan

Tak hanya melulu daging sapi atau daging ayam, Anda juga bisa memilih ikan sebagai sajian di hari Lebaran. Ikan adalah sumber vitamin D dan protein. Rutin mengonsumsi ikan dapat menghindari kamu dari penyakit kardiovaskular hingga meningkatkan fungsi otak.

Buah-buahan

Anda dapat menyajikan berbagai jenis buah, seperti anggur, pisang, apel, atau jeruk, sebagai menu sehat saat hari Lebaran. Agar lebih menarik, kamu juga dapat mengolahnya menjadi salad. Faktanya, rutin mengonsumsi buah dapat memenuhi kebutuhan mineral maupun vitamin dalam tubuh. Buah juga memiliki kandungan serat yang cukup tinggi.

Ayam panggang

Anda bisa menghadirkan hidangan ayam yang lebih sehat dan tidak kalah enak, seperti ayam panggang. Makanan yang diolah dengan cara dipanggang dianggap lebih sehat karena tidak menggunakan minyak goreng.

Ketupat beras merah

Tidak afdal rasanya tanpa ketupat di hari Lebaran. Sebagai pilihan menu sehat, Anda bisa membuat ketupat dengan beras merah yang tidak kalah lezatnya dengan beras putih. Beras merah diketahui dapat membantu menurunkan kadar kolesterol, penyakit jantung, dan stroke. Beras merah mengandung vitamin B tinggi, zat besi, dan juga magnesium.

Populer video

Berita lainnya