Agar Kolesterol Tetap Normal, Batasi Konsumsi Makanan Ini saat Lebaran

Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp
Ilustrasi Kue Kering Lebaran
Foto: Istimewa

Celebrithink.com – Aneka sajian yang sangat menggugah selera biasanya tersaji di momen Lebaran. Ya, setelah berpuasa sebulan penuh, di hari kemenangan ini Anda bisa makan makanan enak dalam suasana berkumpul bersama keluarga. Hanya saja, beberapa makanan khas yang ada saat Lebaran justru bisa membuat kolesterol naik.

Hal itu dikarenakan, makanan di hari Lebaran kebanyakan mengandung minyak yang bisa membuat kadar kolesterol dalam darah melonjak. Agar Anda tetap sehat, para ahli kesehatan merekomendasikan agar membatasi makanan di bawah ini untuk menjaga kolesterol tetap normal selama Lebaran. Melansir laman hellosehat, berikut daftarnya.

Rendang

Mungkin Anda berpikir mengonsumsi rendang harus dibatasi karena kandungan santan di dalamnya. Nyatanya, santan justru memberikan manfaat untuk kesehatan. Sebuah penelitian yang dimuat di National Library of Medicine melaporkan bahwa bubur santan mampu menurunkan kolesterol jahat lebih banyak daripada bubur susu kedelai pada 60 pria selama 8 minggu.

Kolesterol dalam rendang justru berasal dari daging merah yang mempunyai kandungan lemak jenuh dan kolesterol tinggi. Untuk mencegah naiknya kolesterol, Anda bisa memilih sekitar daging giling atau potongan daging tanpa lemak.

Kue kering

Kue kering biasanya terbuat dari mentega dengan kandungan lemak jenuh dan kolesterol yang tinggi. Sebagian besar produsen kue bahkan juga menambahkan gula supaya kuenya lebih manis. Hal inilah yang dapat membuat kadar trigliserida darah menjadi tinggi.

Di samping itu, kue kering kebanyakan mengandung telur, keju, dan susu. Ketiga bahan tersebut juga memiliki kandungan lemak jenuh yang tinggi.

Makanan yang digoreng

Ngemil kentang goreng, kulit ayam goreng, dan jenis gorengan lainnya memang paling enak, apalagi sambil bercengkrama dengan keluarga saat Lebaran. Akan tetapi, Anda harus tahu jika makanan lezat tersebut ternyata mempunyai kandungan lemak jenuh dan bisa meningkatkan kolesterol darah.

Daging olahan

Mungkin Anda sudah sering mengonsumsi sosis dan hot dog yang sebenarnya terbuat dari daging olahan berlemak. Adanya lemak pada daging olahan hanya akan membuat kolesterol naik saat Lebaran. Maka dari itu, jika Anda tetap ingin memakan daging olahan, pilihlah daging olahan yang diproses tanpa lemak.

Populer video

Berita lainnya