Rekomendasi Minuman Hangat di Tengah Musim Penghujan

Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp
Ilustrasi Minuman Hangat
Foto: Istimewa

Celebrithink.com – Dalam beberapa waktu terakhir, Indonesia, khususnya Jakarta, telah memasuki musim penghujan. Hari-hari pun mungkin menjadi dingin untuk dilewati. Untuk menghangatkan rutinitas, ada beberapa rekomendasi minuman hangat yang bisa Anda andalkan.

Tak hanya menghangatkan tubuh, minuman ini juga kaya dengan nutrisi dan zat gizi yang membantu Anda tetap fit di musim hujan. Melansir laman sehatQ, berikut rekomendasi minuman hangat di tengah dinginnya musim hujan.

Teh hijau

Teh hijau disebut-sebut sebagai minuman paling sehat di dunia. Minuman ini kaya dengan polifenol yang berkhasiat untuk melawan peradangan. Bahkan menurut ahli, molekul antioksidan dalam teh hijau berpotensi untuk menurunkan risiko berbagai kanker.

Air serai hangat

Serai atau lemongrass merupakan penyedap rasa yang sering ditambahkan ke berbagai masakan. Selain melezatkan makanan, Anda bisa membuat minuman serai hangat karena penuh dengan manfaat. Serai kaya dengan zat yang memiliki efek antioksidan, antimikroba, hingga antiperadangan agar Anda tak mudah sakit.

Cukup rebus air dengan beberapa batang serai, atau taburkan 1-3 sendok teh serai bubuk. Untuk menambah rasa, sedikit madu boleh dicampurkan. Agar tak berlebihan, Anda bisa meminum satu cangkir air serai hangat dalam satu hari.

Minuman jahe hangat

Selain menghangatkan badan, kandungan gingerol dalam jahe memiliki efek antioksidan dan antiperadangan yang membantu melindungi Anda dari penyakit. Jahe juga membantu menurunkan tekanan darah dan mengurangi risiko penyakit jantung.

Susu kunyit

Ragam manfaat susu kunyit pun mencengangkan, mulai dari mengurangi peradangan di tubuh, mencegah kerusakan sel, dan meningkatkan sistem imun. Tak hanya itu, meneguk minuman hangat ini juga berefek positif untuk mood Anda.

Teh hitam

Secangkir teh hitam hangat dapat menjadi pilihan di dinginnya musim hujan. Kaya akan molekul antioksidan, teh dapat melindungi sel tubuh dari radikal bebas berlebih. Selain itu, teh juga bermanfaat untuk kesehatan jantung, menurunkan kolesterol jahat, dan menurunkan risiko kanker. Kandungan kafein dalam teh hitam juga dapat membantu Anda agar lebih fokus.

Air lemon

Lemon merupakan buah keluarga sitrus, sehingga sangat kaya dengan vitamin C. Untuk menjaga kesehatan selama musim hujan, konsumsi vitamin C menjadi penting karena dapat menjaga sistem imun. Konsumsi vitamin C yang cukup juga membantu menjaga kesehatan kulit.

Kopi kayu manis

Kopi sendiri sebenarnya sudah menyehatkan, namun Anda bisa membuatnya lebih bernutrisi dengan menambahkan kayu manis. Kayu manis sangat kaya dengan molekul antioksidan, dan menjadi salah satu penyedap rasa bernutrisi tinggi. Namun, jangan campurkan terlalu banyak kayu manis. Sebab, Kelebihan kayu manis dapat menimbulkan efek samping berbahaya, seperti gangguan hati, risiko kanker, dan meningkatnya gula darah.

Populer video

Berita lainnya