Agar Puasa Lancar, Hindari Mengonsumsi Minuman Ini saat Sahur

Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp
Ilustrasi Air Dingin
Foto: Istimewa

Celebrithink.com – Pentingnya memerhatikan asupan tubuh bagi Anda yang menjalani ibadah puasa. Seperti halnya sarapan, sahur sangat penting karena menyumbang sekitar 30 persen kebutuhan kalori sehari. Nutrisi yang dikonsumsi saat sahur merupakan bekal untuk beraktivitas sepanjang hari selama berpuasa.

Oleh karena itu, Anda sangat disarankan tidak melewatkan sahur dan memilih menu yang sehat, termasuk pilihan minumannya. Makanan dan minuman sahur sehat bergizi dapat memberikan cukup energi. Sebaliknya, terdapat beberapa minuman harus Anda hindari agar puasa lancar. Melansir laman klikdokter, berikut ulasannya.

Kopi

Kopi biasanya dikonsumsi pada pagi hari sebelum memulai aktivitas. Tak jarang, sebagian besar orang menjadikan kopi sebagai menu sarapan. Tetapi saat berpuasa, kopi tidak disarankan sebagai minuman untuk sahur, terutama bagi yang memiliki penyakit mag. Selain berisiko mengiritasi lambung dan menyebabkan peningkatan asam lambung, kopi juga dapat melemahkan klep yang memisahkan lambung dengan kerongkongan.

Kopi juga bersifat diuretik, sehingga menyebabkan Anda jadi sering buang air kecil. Kondisi ini dapat menyebabkan rasa haus berlebihan. Hal tersebut tentunya dapat mengganggu ibadah puasa.

Minuman manis

Minuman manis seperti jus buah kemasan dengan banyak gula tidak disarankan diminum saat sahur. Kandungan gula tinggi dapat dengan cepat meningkatkan kadar gula di dalam darah, tetapi dapat dengan cepat pula menurunkannya kembali. Akibatnya, Anda jadi mudah lemas dan mengantuk.

Minuman bersoda

Minuman yang mengandung soda tidak dianjurkan sebagai minuman untuk sahur, apalagi jika diminum pagi-pagi saat perut kosong. Kondisi ini dapat menimbulkan iritasi lambung, terutama bagi Anda yang memiliki sakit mag. Selain itu, kandungan karbon dioksida pada minuman bersoda juga dapat membuat perut menjadi kembung, mual, dan tidak nyaman.

Air dingin

Anda tidak dianjurkan mengonsumsi air putih dingin atau minuman dingin lainnya saat sahur. Konsumsi air dingin dalam keadaan perut kosong dapat membuat lambung berkontraksi dan menyebabkan sakit perut.

Teh

Sama halnya dengan kopi, teh juga mengandung kafein. Karena minuman yang mengandung kafein dapat menimbulkan efek diuretik di dalam tubuh, Anda akan lebih sering buang air kecil dan merasa cepat haus. Belum lagi jika teh yang Anda minum ditambahkan beberapa sendok gula. Akibatnya, timbul rasa lemas, lelah, hingga rasa kantuk.

Air jeruk

Air jeruk berisiko meningkatkan asam lambung, sehingga membuat puasa jadi tidak nyaman. Terlebih jika Anda memang memiliki riwayat penyakit mag.

Minuman berenergi

Minuman ini mengandung kafein seperti kopi dan teh. Selain itu, minuman berenergi umumnya tinggi kadar gula yang justru akan membuat Anda semakin merasa cepat haus.

Minuman instan

Minuman instan seperti di dalam kemasan sachet umumnya mengandung gula tinggi. Sama seperti minuman manis lainnya yang tinggi gula, sangat tidak disarankan untuk dikonsumsi sewaktu sahur. Konsumsi makanan atau minuman tinggi gula akan meningkatkan gula darah di dalam darah dengan cepat, namun juga cepat turunnya. Akibatnya Anda akan lebih mudah merasakan lemas saat berpuasa.

Populer video

Berita lainnya