Alergi Kambuh? Berikut Obat Alami yang Bisa Ditemukan di Rumah

Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp
Obat Alami Alergi
Foto: Istimewa

Celebrithink.com – Begitu alergi kambuh, Anda mungkin akan segera pergi ke apotik untuk membeli obat untuk mengatasi gejalanya. Alergi adalah reaksi sistem imun terhadap zat asing (alergen) yang sebetulnya tidak berbahaya. Saat tubuh terpapar alergen, sistem imun akan melepaskan antibodi dan zat kimia yang menjadi penyebab rasa gatal, ruam, bersin, serta gejala alergi lainnya.

Namun sebenarnya, Anda juga bisa berjaga-jaga dengan mengonsumsi beberapa obat dari bahan alami, untuk membantu meredakan gejalanya. Melansir laman hellosehat, berikut ini beberapa bahan dan makanan yang dianggap dapat menjadi obat alergi alami.

Yogurt

Yogurt dapat menjadi antihistamin alami yang manjur berkat kandungan probiotiknya yang tinggi. Sebuah laporan penelitian pada 2015 menyebutkan tentang 23 studi yang setuju bahwa probiotik membantu mengurangi gejala rinitis alergi.

Antihistamin berfungsi untuk menghentikan respons berlebihan sistem imun terhadap alergen. Dalam kasus ini, probiotik yang kaya akan bakteri baik mungkin membantu meredakan respons sistem imun terhadap alergen yang tadinya berlebihan.

Kuaci

Makanan yang kaya akan kandungan vitamin E mampu meredakan peradangan yang disebabkan oleh alergen. Salah satu makanan yang mengandung vitamin E dalam kadar tinggi adalah kuaci. Antioksidan dalam obat alergi alami ini juga mampu mencegah kerusakan sel akibat pelepasan histamin yang berlebihan. Namun, hati-hati jika Anda alergi kacang atau biji-bijian. Protein pada kuaci mungkin mirip seperti pemicu alergi Anda.

Nanas dan pepaya

Bila Anda alergi pada debu, tungau, atau alergen lain yang menyebabkan peradangan pada saluran pernapasan, konsumsi nanas dan pepaya mungkin dapat membantu meredakan gejalanya. Ini karena keduanya kaya akan enzim yang disebut bromelain. Sebuah studi bahkan menunjukkan bahwa enzim ini bisa mengurangi keparahan gejala asma dengan menghambat reaksi peradangan yang terjadi di dalam tubuh.

Cabai, adas, dan wasabi

Makanan dan rempah-rempah yang pedas seperti cabai, wasabi, dan adas merupakan beberapa contoh dekongestan alami. Pada pengobatan medis, dekongestan adalah obat yang mampu melegakan hidung tersumbat atau berair yang termasuk gejala alergi.

Sensasi pedas dari rempah-rempah alami tersebut dapat merangsang sel-sel dalam sistem pernapasan untuk membuang lendir berlebih. Hasilnya, hidung pun terasa lebih lega karena sebagian besar lendir yang menyumbatnya telah keluar.

Jambu biji

Jambu biji dikenal sebagai obat alami untuk mengatasi gejala alergi seperti gatal dan bersin berkat kandungan vitamin C-nya. Menurut studi dalam Journal of International Research, tambahan asupan vitamin C membantu meredakan gejala-gejala tersebut.

Bawang bombai dan tomat

Obat alergi alami ternyata juga ada di dapur rumah Anda, contohnya bawang bombai dan tomat. Keduanya kaya akan zat alami yang disebut bioflavonoid. Zat ini adalah antioksidan yang membantu melindungi sel tubuh dari kerusakan. Bioflavonoid juga berpotensi menstabilkan sel-sel tubuh yang bereaksi berlebihan ketika terpapar alergen.

Sayuran hijau

Sayuran berdaun hijau seperti bayam, kale, dan kangkung tinggi akan magnesium. Magnesium dapat membantu meredakan gejala dengan melemaskan otot-otot saluran pernapasan. Hal ini berguna untuk mencegah serangan asma yang dipicu oleh alergi.

Makanan kaya asam lemak omega-3

Selama reaksi alergi, tubuh mengalami peradangan yang ditandai dengan bengkak dan kemerahan pada berbagai bagian tubuh. Sifat anti-radang dalam asam lemak omega-3 amat bermanfaat dalam meredakan gejala asma dan bentuk alergi lainnya.

Spirulina

Spirulina adalah alga berwarna biru kehijauan yang tumbuh di perairan. Selain dikenal sebagai superfood yang padat zat gizi, spirulina juga berpotensi menjadi obat alergi alami karena mampu menghambat pelepasan zat kimia yang menyebabkan gejala alergi.

Populer video

Berita lainnya