Sejumlah Manfaat Kopi untuk Rambut

Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp
Ilustrasi Biji Kopi
Foto: Istimewa

Celebrithink.com – Setiap orang tentunya mendambakan memiliki rambut sehat dan indah. Oleh karenanya, banyak bermunculan produk dan bahan alami, yang disebut-sebut bisa mewujudkan keinginan tersebut. Salah satu adalah kopi, yang memiliki pH sekitar 4,8–5,1 dan diketahui cocok dengan pH yang ada di rambut dan kulit kepala. Melansir laman alodokter, berikut manfaat kopi untuk rambut.

Merangsang pertumbuhan rambut

Kandungan flavonoid pada kopi diyakini bisa mendorong regenerasi rambut serta membuat batang dan akar rambut lebih kuat, sehingga rambut menjadi tidak mudah rontok. Kafein pada kopi juga dapat meningkatkan aliran darah ke folikel rambut. Jadi, rambut bisa tumbuh lebih cepat dan terlihat lebih bervolume.

Membuat rambut lebih lembut dan berkilau

Mengaplikasikan kopi secara rutin ke kulit kepala dan batang rambut juga bisa menjaga kelembapan rambut. Hal ini karena kafein yang ada di dalam kopi tidak menghilangkan minyak alami yang ada di rambut dan malah menguncinya. Ditambah lagi, efek kafein yang bisa meningkatkan aliran darah akan membuat rambut semakin ternutrisi. Nah, inilah yang kemudian akan membuat rambut lebih sehat, lembut, dan berkilau.

Menjadi pewarna alami rambut

Kopi bisa dimanfaatkan sebagai pewarna alami rambut. Warna kopi yang pekat bisa membuat rambut menjadi lebih gelap kecoklatan. Penggunaan kopi secara rutin juga bisa membantu menyamarkan rambut yang beruban. Cara penggunaannya;

Siapkan botol semprot atau botol aplikator yang biasa digunakan untuk mewarnai rambut, hair cup, dan 2–4 cangkir kopi yang telah diseduh dan didinginkan. Sesuaikan jumlah kopi dengan panjang rambut. Jika seduhan kopi sudah dingin, tuang airnya ke dalam botol. Kemudian, lakukan cara berikut untuk menggunakan kopi pada rambut:

  • Keramas terlebih dahulu. Ketika rambut masih basah, semprotkan seduhan kopi ke seluruh bagian rambut, mulai dari kulit kepala hingga ke batang rambut.
  • Pijat kulit kepala selama beberapa menit. Lalu, gunakan hair cup dan diamkan selama sekitar 20 menit.
  • Untuk kelembapan ekstra, Anda bisa mencampurkan seduhan kopi dengan kondisioner tanpa bilas.
  • Setelah 20 menit, bilas kopi dari rambut dengan air dingin atau hangat dan keringkan.
  • Pastikan seduhan kopi sudah benar-benar dingin sebelum Anda gunakan, ya. Jika masih panas, dikhawatirkan membuat kulit kepala menjadi terbakar. Selain itu, kalau kamu ingin memanfaatkan kopi sebagai pewarna rambut, mungkin Anda perlu mengulang cara di atas beberapa kali untuk mendapatkan hasil yang diinginkan.

Populer video

Berita lainnya