Pilihan Minuman untuk Cegah Dehidrasi Saat Puasa

Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp
Ilustrasi Infused Water
Foto: Istimewa

Celebrithink.com – Dehidrasi menjadi masalah yang rentan terjadi saat puasa. Apalagi jika Anda tidak mengelola pola makan dan minum dengan benar. Beberapa gejala yang bisa kamu rasakan saat mengalami dehidrasi adalah munculnya rasa haus yang hebat, pusing, sakit kepala, mulut kering, dan tidak berenergi.

Mengonsumsi minuman sehat akan membuat tubuh tetap terhidrasi meski sedang berpuasa. Dengan begitu, Anda akan lebih berenergi dan bersemangat menjalani aktivitas. Melansir laman alodokter, berikut ini berbagai pilihan minuman yang bisa Anda coba untuk mencegah dehidrasi saat puasa.

Air mineral

Sudah bukan rahasia lagi jika mengonsumsi air mineral dalam jumlah yang cukup adalah kunci utama untuk mencegah dehidrasi. Selain menjaga tubuh tetap terhidrasi, minum air mineral juga baik bagi kesehatan jantung, menurunkan tekanan darah, dan mencegah sembelit saat puasa.

Infused water

Infused water terbuat dari air yang dicampur dengan potongan buah-buahan segar dan rempah-rempah yang dapat membantu mencegah dehidrasi saat puasa. Minuman ini juga dapat meningkatkan energi, mendukung penurunan berat badan, membantu pembuangan racun atau detoks, hingga memperbaiki suasana hati.

Jus buah

Jus buah bisa menjadi pilihan minuman sehat untuk mencegah dehidrasi saat puasa. Kamu bisa kok membuat jus dari buah apa pun yang kamu suka atau buah yang tinggi air, seperti semangka, stroberi, blewah, atau timun. Namun, ada baiknya tidak perlu menambahkan gula pada jus buah Anda. Sebab, buah sendiri sudah memiliki pemanis alami.

Selain itu, hindari mengonsumsi jus buah lebih dari 150 ml per hari. Pasalnya, saat dijus, gula alami pada buah berubah bentuk menjadi free sugar (gula bebas) dan berisiko menyebabkan kerusakan gigi jika diminum berlebihan.

Susu tanpa gula tambahan

Susu adalah sumber kalsium, natrium, kalium dan karbohidrat, yang dapat menjaga tubuh tetap terhidrasi dan tetap berenergi. Meski begitu, perhatikan jumlah susu yang diminum. Secangkir susu umumnya mengandung sekitar 150 kalori. Jadi, sesuaikanlah jumlah susu yang diminum dengan kebutuhan kalori harianmu.

Air kelapa

Kalium, natrium, dan magnesium adalah jenis elektrolit yang terkandung di dalam air kelapa. Berkat nutrisinya ini, air kelapa cocok dijadikan minuman untuk mencegah dehidrasi saat puasa. Air kelapa juga rendah kalori, sehingga dapat membantu melancarkan program diet saat puasa yang mungkin sedang kamu jalani.

Populer video

Berita lainnya