Usir Stres, Begini Cara Meditasi yang Benar

Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp
Meditasi
Foto: Istimewa

Celebrithink.com – Bermeditasi artinya terlibat dalam pemikiran atau kontemplasi atau merenung. Tanpa disadari, selama ini Anda mungkin sudah melakukannya. Namun yang menjadi pertanyaa, apakah hasilnya dapat maksimal?

Sebenarnya, tidak ada aturan baku dalam melakukan meditasi. Anda bisa melakukannya dengan duduk bersila, ataupun dalam posisi lainnya. Sebab, pada dasarnya ada banyak metode untuk bermeditasi. Namun, jika kamu baru ingin mencoba meditasi untuk atasi stres, coba langkah-langkah berikut ini seperti dilansir dari laman halodoc.

Atur Timer

Langkah pertama, aturlah timer untuk satu atau dua menit. Bagi pemula, pastikan kamu tidak mengatur waktu lebih dari 5 menit.

Duduk dengan Tenang

Temukan tempat yang nyaman untuk duduk. Bisa di kursi atau sofa, di lantai, atau di atas bantal. Jika sedang duduk di atas kursi atau sofa yang memiliki sandaran, geser tubuh ke depan sehingga punggung tidak menyentuhnya. Ini akan membantu Anda tetap duduk dengan tegak selama meditasi.

Tutup Mata dan Atur Napas

Setelah menemukan posisi duduk yang nyaman dan berhasil menenangkan diri, tutuplah kedua mata. Lalu, fokus dan perhatikan pernapasan kamu. Perhatikan bagaimana rasanya menghirup dan menghembuskan napas.

Meditasi Selesai

Seelah timer berbunyi, sesi meditasi selesai. Kemudian bukalah mata secara perlahan. Luangkan waktu sejenak dan perhatikan suara apa pun di sekitar. Perhatikan bagaimana perasaan dan tubuh, serta pikiran dan emosi Anda saat ini.

Populer video

Berita lainnya