Simak Cara Ampuh Mengatasi Insecure untuk Meningkatkan Percaya Diri

Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp
Mengatasi Insecure
Foto: Istimewa

Celebrihink.com – Merasa tidak aman atau meragukan kemampuan diri sendiri alias insecure bisa terjadi pada siapa. Faktor penyebabnya juga bisa dibilang beragam, misalnya merasa tidak secantik atau setampan orang lain, atau merasa kalau semua hal yang dilakukan masih tidak cukup baik daripada orang lain.

Ada baiknya Anda tidak membiarkan perasaan insecure menguasai diri. Sebab, bukan tidak mungkin hal tersebut akan membuat Anda stres, tertekan, dan meragu untuk mulai melakukan sesuatu. Melansir laman halodoc, berikut beberapa cara mengatasi insecure.

Tidak menyalahkan diri sendiri

Melawan berbagai pikiran negatif yang terkadang menguasai kepala memang tidak mudah, terlebih jika Anda baru saja melakukan kesalahan yang cukup fatal. Cemas berlebihan pasti tidak dihindari, yang berujung pada sering menyalahkan diri sendiri.

Supaya beban di kepala lebih berkurang, tidak ada salahnya menuliskan semua kecemasan dan ketakutan yang dirasakan. Alih-alih terus mengeluh dan menyesal, lebih baik mencari solusi terbaik sehingga tidak lagi melakukan kesalahan serupa.

Melakukan hobi

Cara mengatasi insecure juga bisa dilakukan dengan meluangkan waktu untuk jalan-jalan keluar, berlibur ke destinasi impian, mencoba berbagai hal baru yang sebelumnya belum pernah kamu lakukan, dan menggeluti hobi di saat senggang.

Beri apresiasi untuk diri sendiri

Jangan lupa memberikan apresiasi kepada diri sendiri atas semua pencapaian yang berhasil dilakukan. Meski tidak besar, setidaknya Anda sudah mencoba dan berjuang sesuai dengan kemampuan. Dengan begitu, Anda bisa lebih percaya diri dan ingin terus mencoba menjadi lebih baik lagi.

Bicarakan pada orang terdekat

Membicarakan apa yang dirasakan dengan orang terdekat juga bisa menjadi cara mengatasi insecure . Tak hanya mengurangi rasa cemas dan kekhawatiran berlebihan, berbicara dengan orang-orang terdekat akan membuat Anda merasa bahwa masih ada orang yang peduli.

Bersosialisasi dengan orang baru

Bukan tidak mungkin Anda merasa cemas ketika harus menghadapi orang atau berada di lingkungan baru. Namun tidak ada salahnya mencoba bersosialisasi secara perlahan. Selain membuat lebih percaya diri dan mengatasi ketakutan sendiri, bersosialisasi juga bisa memperluas relasi.

Populer video

Berita lainnya