Sejumlah Mitos & Fakta Jerawat yang Perlu Anda Diketahui

Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp
Tips Atasi Jerawat Batu pada Wajah
Foto: Istimewa

Celebrithink.com – Jerawat jadi salah satu masalah kulit yang mungkin hampir setiap orang mengalaminya. Penyebabnya pun bisa beragam. Pola hidup memengaruhi kondisi ini seperti merokok, konsumsi alkohol, dan sering mengonsumsi makanan tidak sehat. Bahkan, faktor hormon pun juga memiliki andil, seperti meningkatnya hormon testosteron pada wanita saat datang siklus menstruasi, kehamilan, atau stres.

Mengingat jerawat menjadi masalah kulit umum terjadi, banyak sekali mitos beredar yang belum tentu kebenarannya. Melansir laman halodoc, berikut ini mitos dan fakta jerawat yang perlu Anda ketahui.

Cokelat menjadi penyebab jerawat

Faktanya, dari jurnal berjudul Long-term ingestion of high flavanol cocoa provides photoprotection against UV-induced erythema and improves skin condition in women, flavonoid dalam dark cokelat dapat melindungi kulit dari kerusakan akibat sinar matahari, meningkatkan aliran darah ke kulit, dan meningkatkan kepadatan serta hidrasi kulit.

Tidak boleh memakai makeup saat berjerawat

Faktanya, tidak ada larangan menggunakan make up saat berjerawat. Namun, disarankan untuk menggunakan produk kecantikan dengan label noncomedogenic. Produk kecantikan dengan label ini aman digunakan bagi pemilik kulit sensitif atau berjerawat. Jangan lupa hapus make up sebelum tidur, ya!

Sering cuci muka itu baik

Mencuci muka setelah beraktivitas dan memakai make up itu baik. Namun, jika terlalu sering bisa membuat kulit kehilangan kelembabanya. Pasalnya, sabun cuci muka kebanyakan mengandung bahan kimia yang justru bisa merusak kulit. Jadi, sebaiknya pilih produk perawatan kulit dengan kandungan sedikit bahan kimia.

Stres menjadi penyebab jerawat

Menurut jurnal The association between stress and acne among female medical students in Jeddah, Saudi Arabia, peningkatan stres berkorelasi dengan peningkatan keparahan jerawat. Agar hal tersebut tidak terjadi, sebaiknya kelola stres dengan baik. Caranya dengan melakukan hal-hal yang disukai.

Jerawat tidak menyerang dewasa

Faktanya, orang dewasa masih mengalami jerawat di usia 30-an, 40-an, bahkan 50-an. Jerawat mungkin terlihat berbeda dibandingkan saat berusia 16 tahun. Jerawat pada orang dewasa mungkin tampak seperti bintil kemerahan di sekitar mulut atau rahang.

Populer video

Berita lainnya