Bikin gak Pede, Begini Cara Efektif Menghilangkan Bau Kaki

Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp
Bau Kaki
Foto: Istimewa

Celebrithink.com – Bau kaki atau dalam medis disebut bromodosis adalah kondisi yang cukup umum terjadi. Ini bisa terjadi karena banyak hal, mulai dari yang sepele hingga serius. Terkadang bau kaki bisa menjadi pertanda kondisi mendasar yang lebih serius. Jika kondisi medis tertentu jadi penyebabnya, kondisi ini perlu ditangani. Melansir laman halodoc, berikut ini cara menghilangkan bau kaki yang bisa Anda coba di rumah.

Rendam air garam

Garam mampu menyerap kelembapan di kaki, sehingga bakteri tidak mudah menempel. Anda bisa membuat rendaman dengan air hangat yang diberi ½ hingga 1 sendok makan garam laut. Kemudian, rendam kaki selama 20 menit. Lakukan perawatan ini setiap hari selama dua minggu agar kaki bersih bebas bakteri.

Rendam air cuka

Cuka bisa membantu untuk menghilangkan bakteri pada kaki. Cara membuat air rendaman untuk menghilangkan bau kaki adalah dengan mencampurkan cuka dan air dengan perbandingan 1:2 (jumlah air lebih banyak).

Rendam kaki selama 30 menit dan lakukan rutin setidaknya satu kali dalam seminggu. Jika kamu melakukan hal ini secara rutin, bakteri jadi tidak mudah berkembang biak di kaki dan bau pun hilang.

Perawatan dengan kantong teh

Teh mengandung antioksidan yang bisa membantu untuk menghilangkan bau kaki. Untuk melakukannya, gunakan dua kantung teh hitam dan rebus dengan satu liter air selama kurang lebih 15 menit. Kemudian, tambahkan dua liter air dingin dan tuang ke dalam wadah besar untuk merendam kaki.

Rendam kaki selama 30 menit dan lakukan kebiasaan ini setidaknya satu kali seminggu. Kandungan asam dalam teh ini bisa membantu untuk mengecilkan pori-pori kaki sehingga mengurangi produksi keringat di kaki.

Eksfoliasi kaki

Anda dapat menggunakan scrub atau batu apung untuk mengangkat sel kulit mati yang disukai bakteri. Jika bau pada kaki cukup parah, sebaiknya lakukan perawatan kecantikan ini sebanyak 2-3 kali dalam seminggu.

Pakai kaus kaki katun

Pastikan kaki tidak lembap dengan mengenakan kaus kaki berbahan katun. Kaus kaki katun dapat menyerap keringat dan membantu kaki bernapas dengan baik.

Pilih sepatu yang tepat

Mengenakan sepatu yang memungkinkan sirkulasi udara tetap lancar dapat membantu menghilangkan bau kaki. Hindari mengenakan sepatu yang terbuat dari plastik, seperti sepatu jeli. Ini dapat memicu terjadinya bau kaki, karena membuat kaki tidak dapat bernapas dan menyebabkan kaki berkeringat.

Populer video

Berita lainnya