Kenali Sumber Stres yang Bisa Sebabkan Depresi dalam Pernikahan

Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp
Stress dalam Pernikahan
Foto: Istimewa

Celebrithink.com – Masalah dalam pernikahan merupakan hal wajar yang terjadi dan dialami setiap pasangan. Terpenting adalah bagaimana cara menyikapi peramasalahn tersebut, hingga tidak berlarut-larut dan berujung pada keputusan yang tidak diinginkan. Jika tidak diselesaikan secara bijak, Anda bisa merasa stres yang ujung bisa menyebabkan depresi.

Maka dari itu, coba kenali sumber masalah dan bersama dengan pasangan Anda mencari jalan keluar yang terbaik. Segera atasi sumber stres ini sebelum menimbulkan masalah mental yang lebih kronis. Melansir laman hellosehat, berikut ini berbagai sumber stres depresi yang mungkin Anda alami dalam pernikahan.

Masalah keuangan

Masalah keuangan dalam rumah tangga menjadi penyebab perceraian yang paling besar. Setiap pasangan suami istri ditantang untuk menyatukan visi dan misi dalam masalah finansial. Hal ini tidaklah mudah. Biasanya masalah semakin bertambah rumit jika salah satu pihak cenderung menghambur-hamburkan uang dan pihak lainnya bersikeras untuk menabung.

Perbedaan pola asuh anak

Kehadiran si kecil merupakan momen yang paling dinantikan bagi Anda dan pasangan. Kehadiran anak membutuhkan tanggung jawab, mulai dari mencukupi kebutuhannya, memberinya kasih sayang, dan menjadi panutan yang baik untuk dirinya. Anda mungkin memiliki perbedaan dalam cara mengasuh si kecil.

Namun, bisa juga menjadi sumber stres dan berujung dengan depresi jika Anda dan pasangan memiliki perbedaan pola asuh. Tekanan untuk menjadi orang tua yang ideal saja sudah cukup berat, apalagi jika Anda dan pasangan masih belum sepaham dalam cara membesarkan anak.

Kehidupan seks yang buruk

Tanpa Anda atau pasangan sadari, masalah dalam kehidupan seks bisa menjadi menyebabkan stres. Ketidakpuasan yang muncul pada Anda maupun pasangan dalam berhubungan intim, bisa jadi percikan api kecil yang jika tidak diatasi akan semakin membesar dan merusak hubungan.

Komunikasi tidak berjalan dengan baik

Komunikasi menjadi cara Anda dan pasangan untuk selalu terhubung satu sama lain, sekaligus dapat menemukan solusi jika ada permasalahan. Jika Anda maupun pasangan tidak dapat mengutarakan emosi, pendapat, maupun keinginan bisa jadi komunikasi yang dibangun tidak berjalan dengan baik.

Ketidaksetiaan

Menikah berarti berkomitmen untuk membangun keluarga yang saling mencintai dan menghargai satu sama lain. Hal tersebut membutuhkan kesetiaan yang kuat. Sayangnya, ada saja godaan yang membuat pasangan melakukan perselingkuhan. Sekali berselingkuhan, hilang sudah kepercayaan yang dibangun. Terlebih, tidak semua orang bisa menolerir hal tersebut.

Hilangnya kepercayaan pada pasangan mengakibatkan rasa cemas, gelisah, dan takut yang berlarut-larut, bahkan memicu pertengkaran. Anda pun akan dipenuhi dengan pikiran negatif dan inilah yang bisa menimbulkan stres. Begitu juga halnya jika Anda berada pada posisi yang tidak dipercayai pasangan.

Masalah kesehatan

Biasanya, ini mengarah pada penyakit kronis karena akan mempengaruhi berbagai aspek, mulai dari keuangan karena harus menjalani pengobatan dan kehidupan seks karena pasangan mungkin tidak seleluasa dulu dalam menjalani aktivitas seks. Bisa juga berkaitan ketidakmampuan pasangan untuk memiliki keturunan. Kesemua hal tersebut bisa mengikis kebahagiaan jika tidak diatasi dengan cara yang tepat.

Populer video

Berita lainnya