4 Makanan Sehat yang Baik untuk Menjaga Kulit Wanita

Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp
Foto: Istimewa

Celebrithink.com – Kulit memiliki fungsi yang tidak bisa dianggap remeh, mulai dari mengatur suhu tubuh, menjaga keseimbangan cairan, dan mengontrol hilangnya kelembapan. Kulit juga juga bertindak sebagai penghalang dan peredam kejut, mengenali sensasi rasa sakit untuk memperingatkan akan bahaya dan melindungi dari sinar ultraviolet (UV).

Oleh karena itu, kulit adalah organ yang harus juga dirawat kesehatannya. Salah satu cara merawat kulit wanita adalah dengan mengonsumsi makanan sehat. Melansir laman halodoc, berikut ini beberapa jenis makanan sehat yang yang baik untuk menjaga kulit wanita.

Ikan berlemak

Ikan berlemak, seperti salmon, mackerel, dan herring, adalah makanan yang sangat baik untuk kesehatan kulit. Jenis ikan ini kaya akan sumber asam lemak omega-3, yang penting untuk menjaga kesehatan kulit. Ikan berlemak juga merupakan sumber vitamin E, salah satu antioksidan terpenting untuk kulit.

Asam lemak omega-3 diperlukan untuk membantu menjaga kulit tetap tebal, kenyal, dan lembap. Lemak omega-3 dalam ikan mengurangi peradangan, yang dapat menyebabkan kemerahan dan jerawat.

Alpukat

Alpukat kaya akan lemak sehat yang bermanfaat bagi banyak fungsi dalam tubuh termasuk kesehatan kulit. Selain itu, alpukat merupakan sumber vitamin E yang merupakan antioksidan penting yang membantu melindungi kulit dari kerusakan oksidatif. Vitamin E bila dikombinasikan dengan vitamin C dapat memberikan hasil yang lebih maksimal untuk kesehatan kulit.

Kenari

Kenari mengandung asam lemak esensial yang tidak dapat dibuat oleh tubuh sendiri. Ia juga mengandung rasio asam lemak yang baik, sehingga dapat membantu melawan respons peradangan potensial terhadap omega-6 yang berlebihan.

Brokoli

Brokoli kaya akan vitamin dan mineral yang penting untuk kesehatan kulit, termasuk seng, vitamin A, dan vitamin C. Selain itu, brokoli juga juga mengandung lutein, karotenoid yang bekerja seperti beta karoten. Lutein membantu melindungi kulit dari kerusakan oksidatif, yang dapat menyebabkan kulit menjadi kering dan berkerut.

Populer video

Berita lainnya