Cari Tahu Posisi Tidur yang Baik untuk Kesehatan

Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp
Tidur Nyenyak
Foto: Istimewa

Celebrithink.com – Anda mungkin memiliki posisi tidur favorit, meski terkadang mengubahnya sesekali. Namun, posisi tidur yang Anda anggap nyaman mungkin saja tidak membuat tubuh lebih baik saat bangun di pagi hari. Anda bisa saja mengalami sakit leher atau punggung karena masalah posisi tersebut.

Maka dari itu, Anda perlu mengetahui beberapa posisi yang baik untuk diterapkan setiap tidur guna menjaga kesehatan tubuh. Melansir laman halodoc, berikut beberapa posisi tidur yang bisa Anda terapkan dan beberapa penjelasannya.

Posisi tidur menyamping

Salah satu posisi tidur yang baik dilakukan agar kesehatan tubuh tetap terjaga adalah menyamping. Posisi ini cukup direkomendasikan untuk dilakukan setiap malam, terutama jika miring ke kiri. Hal ini dapat mengurangi dengkuran yang timbul, baik untuk menjaga kesehatan pencernaan, hingga mengurangi timbulnya mulas pada perut.

Meski begitu, belum tentu tidak ada efek buruk dari tidur dengan posisi ini. Posisi tidur ini dapat menyebabkan kekakuan pada bahu bahkan pada bagian tubuh lainnya. Diketahui juga jika tidur dengan posisi menyamping dapat menyebabkan timbulnya kerutan. Maka dari itu, perlu adanya posisi alternatif lain agar efek buruk tersebut dapat dihindari.

Telentang

Banyak manfaat kesehatan yang dapat diberikan saat kamu tidur dalam posisi ini. Telentang disebut-sebut dapat melindungi tulang belakang dan membantu untuk meredakan nyeri pinggul serta lutut. Posisi ini dapat menjaga tubuh untuk tetap sejajar di atas tulang belakang, sehingga mengurangi tekanan yang dapat terjadi pada punggung atau sendi.

Meski begitu, posisi ini tidak cocok pada seseorang yang memiliki masalah apnea tidur ketika napas tiba-tiba berhenti. Selain itu, telentang juga akan sulit untuk dilakukan pada seseorang yang memiliki masalah pada punggung.

Tengkurap

Sedikit orang yang tidur dengan posisi tengkurap karena merasa tidak nyaman. Meski begitu, posisi tidur yang membuat perut di bawah ini baik untuk seseorang yang memiliki masalah mendengkur atau apnea tidur. Namun, posisi ini dapat menyebabkan seseorang sakit leher dan punggung. Karena itu, Anda mungkin merasa sakit pada otot dan perasaan lelah. Anda pun dapat mengakalinya dengan menempatkan bantal di perut bagian bawah agar rasa sakit pada punggung berkurang.

Populer video

Berita lainnya