Tips Aman Memakai Headphone Agar Tidak Mengganggu Pendengaran

Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp
Ilustrasi Memakai Headphone
Foto: Istimewa

Celebrithink.com – Banyak orang yang mengandalkan headphone saat mendengarkan musik. Hanya saja, perlu diperhatikan akan tingkat suara headphone yang Anda gunakan. Sebab, salah satu penyebab gangguan pendengaran karena suara bising yang terlalu pada telinga. Lantas bangaiaman cara menggunakan headphone tangga harus mengganggu pendengaran?

Ketika tingkat volume melebihi 85 desibel (dB), sel-sel rambut di telinga bagian dalam dapat mengalami kerusakan. Waktu pemaparan aman untuk suara sekeras ini (kira-kira setara dengan lalu lintas jalanan) adalah 8 jam. Setiap peningkatan tiga desibel suara di atas level tersebut, waktu mendengarkan yang aman akan berkurang setengahnya. Efek kumulatif dari paparan kebisingan dari waktu ke waktu berdampak pada pendengaran.

Nah, bagi Anda yang suka memakai headphone, begiri tips aman agar terhindar dari gangguan pendengaran, seperti dilansir dari laman halodoc.

Kecilkan volumenya

Cara paling efektif untuk melindungi pendengaran kamu saat mendengarkan musik adalah dengan mengecilkan volume. Disarankan untuk mengatur tingkat volume tidak lebih dari 60 persen dari maksimum.

Kenakan headphone peredam bising

Headphone sering digunakan untuk meredam kebisingan latar belakang, membantu kita berkonsentrasi pada tugas-tugas penting yang ada. Masalahnya, semakin keras kebisingan lingkungan, semakin tinggi kamu akan menaikkan volume.

Headphone peredam bising menggunakan teknologi yang disebut pengurangan kebisingan aktif. Ini membatasi kebisingan luar dengan menghasilkan sinyal suara yang meredam suara latar belakang. Hal ini merupakan salah satu cara memakai headphone yang aman, memungkinkan Anda untuk mendengarkan musik pada tingkat volume yang lebih rendah.

Pilih headphone over-the-ear

Headphone over-the-ear memberi earbud sedikit jarak ekstra dari sumber kebisingan. Jarak ini sangat penting dalam mengurangi risiko kerusakan pendengaran.

Sementara headphone in-ear menghasilkan suara yang jauh lebih keras dibanding yang over-the-ear. Ini karena suara lebih dekat dengan sistem bagian dalam telinga. Gelombang suara yang dipancarkan dapat menyebabkan gendang telinga bergetar. Semakin keras musik, semakin kuat getarannya.

Coba aturan 60/60

Cara memakai headphone yang aman lainnya adalah mencoba aturan 60/60. Artinya, mendengarkan musik pada 60 persen dari volume maksimum selama 60 menit, dan kemudian istirahat. Dengan mengistirahatkan telinga akan membantu mencegah kerusakan pendengaran jangka panjang. Jadi, cara ini bisa dicoba bagi kamu yang suda mendengarkan musik dengan headphone.

Tetapkan Batas Volume

Banyak ponsel dan perangkat digital lainnya memungkinkan pengguna untuk menyesuaikan pengaturan sehingga ada batasan volume maksimum. Periksalah buku petunjuk penggunaan perangkat untuk melihat apakah ada opsi untuk mengatur batas volume.

Populer video

Berita lainnya