Cara Meredakan Batuk dan Pilek Tanpa Mengandalkan Obat-obatan

Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp
Ilustrasi Batuk dan Pilek
Foto: Istimewa

Celebrithink.com – Batuk dan pilek yang terjadi terus menerus tentu sangat mengganggu aktivitas sehari-hari. Maka dari itu, pada umumnya orang akan mencari perawatan untuk mengatasi batuk, seperti minum obat-obatan, beristirahat atau mencoba perawatan rumahan lainnya.

Namun, berapa orang mungkin lebih memilih cara-cara alami untuk meredakan batuk dan pilek, mengingat kondisi kesehatan ini jarang berkembang menjadi serius. Melansir laman halodoc, berikut perawatan sederhana untuk mengatasi batuk pilek tanpa obat.

Hidrasi tubuh

Selama mengalami batuk dan pilek, Anda perlu memenuhi cairan tubuh supaya terhindar dari dehidrasi. Cairan yang masuk ke dalam tubuh mampu melembapkan tenggorokan yang gatal karena batuk dan melonggarkan hidung tersumbat. Alhasil, cara ini mampu meringankan gejala batuk dan pilek yang kamu alami.

Istirahat yang cukup

Anda perlu banyak beristirahat saat mengalami batuk dan pilek. Banyak orang yang menyepelekan kondisi ini karena dianggap ringan sehingga melakukan banyak aktivitas seperti biasa. Padahal, istirahat tetap dibutuhkan supaya sistem kekebalan tubuh mampu bekerja lebih maksimal. Ketika tubuh mendapatkan istirahat yang cukup, otomatis gejala batuk dan pilek dapat mereda sedikit demi sedikit.

Gunakan bahan alami

Tidak harus selalu mengandalkan obat-obatan, Anda bisa meredakan batuk dan pilek hanya dengan bahan alami. Pertama, Anda bisa berkumur dengan air garam hangat. Caranya, Anda hanya perlu mencampurkan 1/4 hingga 1/2 sendok teh garam yang dilarutkan dalam segelas air hangat. Berkumur dengan air garam ini telah terbukti meredakan sakit tenggorokan atau gatal sementara.

Pelembap udara

Jika memiliki humidifier atau alat pelembap udara, Anda bisa menggunakannya untuk menambah kelembapan di udara ruangan. Ketika udara cukup lembap, ini dapat membantu melonggarkan hidung yang tersumbat. Ganti air setiap hari dan bersihkan unit sesuai dengan instruksi pabrik. Selain menggunakan humidifier, Anda juga bisa menggunakan uap hangat dari rebusan air untuk melonggarkan hidung.

Populer video

Berita lainnya