Kebiasaan yang Tanpa Disadari Membuat Anda Rentan Terkena Flu

Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp
Terserang Flu
Foto: Istimewa

Celebrithink.com – Flu menjadi penyakit yang dapat mengganggu aktivitas sehari-hari. Bahkan kondisi ini mengharuskan si penderitanya untuk beristirahat di rumah. Biasanya, orang yang terkena flu atau influenza akan merasakan gejala seperti hidung tersumbat, pilek, sakit kepala, badan lemas hingga demam.

Nah, ada beberapa kebiasaan yang tanpa disadari menjadi penyebab seseorang rentan terkena flu. Melansir laman klikdokter, waspadai penularannya dengan menghentikan kebiasaan berikut ini.

Malas mencuci tangan

Jangan menyepelekan kebiasaan mencuci tangan dengan cara yang tepat. Pastikan mencuci tangan dengan air mengalir dan sabun setidaknya selama 20 detik sebelum mengeringkannya. Biasakan mencuci tangan setelah menyiapkan makanan, batuk, bersin, dan setelah ke kamar mandi. Kuman bisa hinggap di tangan Anda kapan saja.

Kurang tidur

Tidur malam kurang dari 7-8 jam, terlebih jika Anda termasuk yang doyan begadang, dapat menurunkan sistem kekebalan tubuh. Ketika sistem kekebalan tubuh menurun, Anda rentan terkena penyakit, salah salah satunya flu.

Merokok

Merokok adalah kebiasaan paling berbahaya karena membuat seseorang lebih rentan terhadap penyakit, termasuk terkena flu. Ketika merokok, sistem kekebalan tubuh secara otomatis melemah.

Sering mengonsumsi minuman beralkohol

Terlalu banyak mengonsumsi minuman alkohol dapat membuat fungsi sistem kekebalan tubuh menurun. Sebab, alkohol menyebabkan perubahan fungsi hati yang turut mengubah sistem imun terhadap jaringan tubuh. Alangkah lebih baik lagi jika Anda menghentikan kebiasaan buruk yang satu ini.

Stres

Stres menjadi salah satu faktor utama penyebab sistem kekebalan tubuh melemah dan membuat rentan terkena penyakit. Tingkat stres yang tinggi juga dapat menyebabkan depresi dan kecemasan sehingga risiko terkena flu semakin besar.

Kurang olahraga

Rutin berolahraga adalah salah satu cara terbaik untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Terbiasa melakukan olahraga setidaknya tiga kali dalam seminggu dapat membantu mengurangi peluang Anda terkena flu.

Tidak mencukupi cairan tubuh

Dehidrasi atau kekurangan cairan dapat menyebabkan penurunan fungsi kekebalan tubuh. Dehidrasi rentan terjadi saat kita sakit, salah satunya saat Anda mengalami demam.

Demam menyebabkan tubuh mengeluarkan cairan lebih banyak melalui penguapan. Tetap terhidrasi dengan cara mengonsumsi cairan dalam jumlah cukup dapat membantu mengatasi gejala demam dan mencegah menurunnya sistem imun tubuh.

Kontak dengan penderita flu

Berkontak langsung dengan orang yang baru saja terinfeksi flu bisa meningkatkan risiko tertular penyakit yang sama. Jadi, meski orang tersebut baru pulih dari flu, Anda lebih baik menjaga jarak atau gunakan pelindung seperti masker.

Suka menyentuh wajah

Menyentuh wajah adalah salah satu kebiasaan yang sering kita lakukan tanpa disadari. Perlu diketahui, ketika tangan sedang kotor dan menyentuh wajah, maka kuman akan lebih mudah masuk ke dalam saluran pernapasan. Oleh karena itu, hindari menyentuh wajah agar risiko penyakit pernapasan seperti flu dapat dicegah.

Populer video

Berita lainnya