Lapar Setelah Olahraga? Simak Cara Mengatasinya

Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp
Lapar setelah olahraga
Foto: Istimewa

Celebrithink.com – Lapar yang muncul setelah olahraga merupakan reaksi tubuh untuk memulihkan energi seperti semula. Hal ini biasanya disebabkan lantaran olahraga yang berlebihan. Seiringi berkurangnya cadangan energi, tubuh secara otomatis akan menyadari bahwa Anda membutuhkan lebih banyak makanan.

Ya, aktivitas fisik yang berat membuat seseorang akan membakar banyak energi dari karbohidrat dan lemak. Sehingga tubuh pun meresponnya dengan banyak cara, termasuk meningkatkan nafsu makan agar mendapatkan pasokan energi.

Selain itu, kurangnya asupan makanan dengan gizi yang seimbang sebelum olahraga dapat menimbulkan rasa lapar yang berlarut-larut. Lantas bagaimana cara mengatasi rasa lapar yang bisa mengganggu rutinitas berolahraga Anda? Melansir laman hellosehat, berikut ulasanya.

Perhatikan waktu makan

Waktu makan berpengaruh terhadap performa dan pemulihan tubuh. Menurut para ahli, waktu terbaik untuk makan yakni 30 – 60 menit sebelum mulai berolahraga. Dengan cara ini, Anda akan mendapatkan energi tanpa membuat perut terasa tak nyaman.

Pilih komposisi makanan yang sesuai

Untuk melawan rasa lapar setelah olahraga, pastikan Anda mengonsumsi karbohidrat dan protein dalam jumlah yang sesuai. Jika Anda melakukan olahraga aerobik, sumber karbohidrat dan protein sehari-hari biasanya cukup untuk memulihkan energi.

Sedangkan olahraga intensitas tinggi biasanya menghabiskan banyak cadangan energi. Sehingga Anda harus makan lebih banyak karbohidrat. Adapun olahraga beban cenderung memaksa otot untuk bekerja sehingga Anda perlu makanan tinggi protein.

Terapkan mindful eating

Mindful eating merupakan cara makan dengan kesadaran penuh terhadap makanan, tujuan makan, dan momen saat Anda makan. Dengan kata lain, Anda fokus untuk makan tanpa melakukan aktivitas lain seperti bermain ponsel, bekerja, dan lain-lain. Dengan menerapkan mindful eating, Anda bisa lebih menikmati makanan serta merasa puas.

Minum air yang cukup

Banyak orang tidak minum cukup air sebelum, saat, dan setelah olahraga. Padahal, ini merupakan penyebab umum dehidrasi dan rasa lapar. American Council on Exercise memberikan anjuran minum saat olahraga yang dapat Anda ikuti. Terapkan kebiasaan ini setiap kali Anda berolahraga agar kebutuhan cairan tercukupi dan Anda terhindar dari risiko dehidrasi.

Lebih banyak makan camilan

Jatah camilan sehat yang dibagi secara berkala sepanjang hari dapat membantu Anda memerangi rasa lapar setelah olahraga. Selain itu, camilan juga membantu mengurangi rasa lapar antara waktu makan, meningkatkan energi, dan menjaga metabolisme. Waktu terbaik untuk makan camilan yakni 60 menit sebelum mulai berolahraga.

Populer video

Berita lainnya