Cara Ampuh Membentuk Perut Six-Pack untuk Pemula

Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp
Bentuk perut sixpack
Foto: Istimewa

Celebrithink.com – Sebagian dari kalian mungkin mendambakan memiliki perut six-pack. Selain menandakan kebugaran, perut six-pack pada pria dan wanita membuat penampilan lebih atraktif. Oleh karena itu, kebanyakan orang yang ingin membentuk perut six-pack begitu fokus berolahraga secara berlebihan.

Padahal, perut six-pack tidak hanya diperoleh dengan latihan fisik yang keras. Untuk memilikinya, Anda juga perlu dua hal, yakni penurunan berat badan dan pembakaran lemak tubuh. Di samping itu, Anda juga harus mengatur asupan makanan, cairan tubuh, hingga istirahat yang cukup untuk membentuk abs perut. Melansir laman hellosehat, berikut cara ampuh membuat perut six-pack.

Perbanyak asupan protein

Protein adalah nutrisi penting untuk membentuk otot dan membakar lemak pada tubuh. Manfaat protein untuk otot ini dapat terjadi karen membantu memperbaiki kerusakan otot setelah olahraga. Dengan begitu, otot perut makin besar dan kuat.

Selain itu, protein juga memiliki efek termogenik tertinggi dari seluruh zat gizi makro yang bisa memproduksi panas dan mengurangi kelelahan pada tubuh.

Makan karbohidrat setelah olahraga

Karbohidrat kompleks, seperti pada roti gandum, oatmeal, kentang, dan beras merah, cukup bermanfaat untuk membentuk perut six-pack. Setelah olahraga, Anda perlu memulihkan energi dengan asupan karbohidrat.

Cobalah makan karbohidrat dalam jumlah sedang dan tambahkan 1–2 mangkuk sayuran, guna memastikan tubuh mendapatkan cukup vitamin, mineral, dan serat yang dibutuhkan agar tetap sehat dan berfungsi normal.

Hanya mengonsumsi lemak sehat

Tambahkan juga lemak dalam asupan harian Anda, terutama lemak tak jenuh ganda dan lemak tak jenuh tunggal. Kedua jenis lemak sehat ini bisa Anda dapatkan dengan menambahkan kacang-kacangan, minyak ikan, dan minyak zaitun.

Makanan sumber lemak sehat ini akan menjaga tingkat insulin stabil yang penting untuk menurunkan lemak perut dan membuat perut six-pack. Dengan mengombinasikan protein, karbohidrat, lemak sehat, serta sayuran dan buah-buahan, Anda bisa meningkatkan metabolisme dan membakar lemak lebih efektif setiap harinya.

Jaga hidrasi tubuh

Penurunan performa olahraga terjadi saat tubuh kehilangan cairan 2 persen dari massa tubuh, misalnya berkurangnya 1,4 kg pada orang dengan berat badan 70 kg. Untuk mencegah kondisi ini, Anda harus memenuhi kebutuhan cairan tubuh dengan minum air putih sebelum, selama, dan setelah berolahraga.

Imbangi latihan kardio dan angkat beban

Berolahraga rutin dapat membantu menurunkan lemak tubuh. Para pakar kesehatan menganjurkan untuk berolahraga 150 menit dengan intensitas sedang dan 75 menit dengan intensitas berat per minggu. Untuk mendapatkan manfaat maksimal, Anda perlu menyeimbangkan olahraga kardio dan latihan angkat beban.

Latihan inti secukupnya

Tidak perlu terlalu memaksakan atau melakukannya secara berlebihan. Sebab, melatih otot inti ketika otot-otot tersebut masih segar dapat mendapatkan manfaat lebih, salah satunya dalam meningkatkan stamina tubuh.

Jika berfokus pada penguatan otot inti, Anda bisa mengangkat beban lebih berat tanpa harus menambah durasi latihan. Hal ini akan tetap membuat tubuh membakar kalori lebih banyak karena otot-otot yang bekerja juga akan lebih banyak.

Istirahat dan tidur cukup

Penting untuk memenuhi kebutuhan tidur 7–8 jam setiap malam sebagai salah satu langkah untuk membantu menurunkan lemak tubuh. Tidur malam yang cukup juga dapat membantu Anda berolahraga lebih maksimal pada hari berikutnya. Dengan begitu, latihan untuk membuat perut six-pack menjadi lebih efektif.

Populer video

Berita lainnya