Terkadang Salah Satu Ketiak Lebih Bau, Apa Penyebabnya?

Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp
Ketiak bau
Foto: Istimewa

Celebrithink.com – Memiliki ketiak yang bau bisa menjadi ancaman bagi Anda. Terutama saat berada di keramaian. Selain dapat menurunkan rasa percaya diri, rasa malu tentu tidak bisa terbendung lagi ketika seluruh mata memandang ke arah Anda.

Nah, terkadang yang aneh, salah satu ketiak justru lebih bau. Melansir dari Antara, pakar dermatologi asal New York Marisa Garshick MD dan Beth Goldstein MD dari University of North Carolina, mengungkapkan beberapa penyebab salah satu ketiak bisa lebih bau.

Lupa menggunakan antiperspirant atau deodoran

Antiperspiran dan deodoran bekerja berbeda. Antiperspiran menghalangi produksi keringat yang menjadi bau ketika bercampur dengan bakteri di kulit Anda sementara deodoran menutupi bau keringat.

Salah satu tangan bekerja lebih keras dibanding yang satunya

Secara teoritis, seseorang bisa berkeringat lebih banyak di satu sisi daripada yang lain. Jadi, ketika menggunakan salah satu lengan lebih intens, misalnya membawa tas berat atau dompet di bahu kanan untuk waktu yang lama, maka mungkin ketiak di lengan itu akan sedikit lebih bau.

Lupa mencukur di satu sisi ketiak

Rambut ketiak menangkap lebih banyak keringat daripada kulit. Sehingga, ketiak yang memiliki rambut lebih banyak, memiliki peluang lebih besar menangkap keringat dan bercampur dengan bakteri penyebab bau.

Jika mengalami kondisi ini, lakukan pemeriksaan cepat untuk memastikan kedua ketiak sama-sama dicukur sebelum keluar dari kamar mandi. Menghilangkan rambut ketiak melalui mencukur atau waxing menjadi cara yang efektif untuk mengurangi bau ketiak.

Memiliki bakteri dengan bau ekstra di bawah salah satu ketiak

Permukaan kulit ketiak memiliki campuran bakteri baik dan jahat, yang biasanya hidup berdampingan secara harmonis. Tetapi terkadang, keseimbangannya bisa terganggu dan menyebabkan pertumbuhan berlebih pada bakteri jahat yang berpotensi membuat bau badan lebih kuat. Untuk mengatasi masalah ini, cobalah menggunakan sabun mandi antibakteri khusus. Pakai setiap hari atau dua kali sehari.

Kemungkinan memiliki luka yang mengalami infeksi

Ketiak dipenuhi folikel rambut yang bisa menjadi lebih terbuka setelah bercukur. Folikel ini berpotensi terinfeksi bakteri jahat yang hidup di bawah lengan, sehingga menyebabkan folikel menjadi merah, meradang, lunak, dan bahkan berisi nanah. Nah, terkadang peradangan serta nanah itu bisa menimbulkan bau yang tidak sedap.

Populer video

Berita lainnya