Kenali Penyebab Seseorang Gampang Sakit

Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp
Sakit
Foto: Istimewa

Celebrithink.com – Bagi orang yang gampang sakit, setiap harinya mungkin akan dilalui dengan berbagai keluhan. Mulai dari merasa sakit kepala, batuk, hingga lemas dan lesu. Lain halnya dengan mereka yang memiliki imun tubuh kuat, yang biasanya akan jauh terlihat lebih enerjik setiap saat.

Ada banyak penyebab seseorang gampang sakit, mulai dari kondisi imun tubuh hingga faktor gaya hidup. Sementara ketahanan tubuh seseorang terhadap penyakit tergantung pada imunitas atau kekebalan tubuhnya masing-masing. Nah, bagi mereka yang gampang sakit, kenali dulu apa yang menjadi penyebab kondisi tersebut dialami. Melansir laman sehatQ, berikut beberapa penyebab seseorang gampang sakit yang perlu diketahui.

Kekurangan nutrisi

Asupan makanan bergizi seimbang menjadi faktor penting dalam menjaga kesehatan. Di dalam makanan terdapat berbagai nutrisi penting yang diperlukan oleh tubuh agar dapat terus berfungsi dengan baik, termasuk memperkuat imun tubuh.

Kurang tidur

Kurang tidur adalah salah satu kebiasaan buruk yang bisa memicu berbagai penyakit. Ketika tidur, tubuh akan melakukan berbagai pemulihan. Sistem kekebalan akan melepaskan sitokin yang membantu melawan peradangan dan penyakit. Jika kurang tidur, maka kemampuan alami tubuh untuk melawan infeksi dan virus akan menurun.

Dehidrasi

Tubuh terdiri dari 60% cairan. Agar tetap berfungsi dengan baik, maka tubuh memerlukan asupan cairan yang memadai. Kekurangan cairan bisa menjadi penyebab gampang sakit, karena penyaluran berbagai nutrisi penting bisa terhambat demikian juga hidrasi pada berbagai organ dan jaringan.

Gangguan imun tubuh

Gangguan imun tubuh dapat terjadi saat sistem kekebalan tidak melawan antigen penyebab penyakit. Beberapa orang mungkin memiliki sistem kekebalan yang tidak berfungsi sebagaimana mestinya sehingga menjadi lebih mudah sakit. Kondisi ini bisa dikarenakan kondisi genetik, kekurangan gizi, atau bertambahnya usia.

Kebersihan tangan tidak terjaga

Setiap hari tangan bersentuhan dengan berbagai permukaan yang terdapat kuman. Jika tidak sering mencuci tangan, maka saat tangan menyentuh wajah, bibir, atau makanan, akan menjadi jalan penyebaran infeksi penyakit. Hal ini bisa menjadi penyebab gampang sakit jika Anda berkali-kali terinfeksi dari tangan yang kotor.

Kesehatan mulut yang buruk

Penyebab gampang sakit juga bisa berkaitan dengan kesehatan mulut yang buruk. Gigi dan mulut adalah tempat dimana bakteri baik dan jahat berkembang. Kesehatan mulut yang buruk dapat menyebabkan bakteri berbahaya tumbuh di luar kendali. Hal ini bisa menyebabkan peradangan dan gangguan kesehatan di bagian tubuh lainnya.

Stres kronis

Menurunnya kondisi mental juga bisa menjadi penyebab Anda gampang sakit. Stres yang kronis atau berkepanjangan dapat memicu berbagai gangguan kesehatan mulai dari sakit kepala, kelelahan, infeksi berulang, penyakit jantung hingga depresi. Tubuh yang menerima terlalu banyak stres juga akan mudah lelah, sulit tidur, dan mengalami gangguan pencernaan.

Gangguan kecemasan

Gangguan ini adalah kondisi kesehatan mental dengan gejala berupa khawatir atau panik yang berlebihan. Kondisi ini dapat menyebabkan penyakit seperti: kelelahan, jantung berdebar, gemetar, sesak nafas dan sebagainya.

Genetik

Kalau orang tua Anda gampang sakit, maka ada kemungkinan Anda mengalami hal yang sama. Pasalnya, salah satu penyebab gampang sakit adalah genetik atau faktor keturunan. Contoh penyakit keturunan yang bisa membuat daya tahan tubuh menurun salah satunya leukopenia atau kadar sel darah putih rendah.

Populer video

Berita lainnya