Begini Cara Mendeteksi Keberadaan Kutu Kasur

Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp
Membersihkan Kasur
Foto: Istimewa

Celebrithink.com – Kutu kasur adalah serangga pengisap darah yang tertarik kepada suhu panas tubuh. Sebagaimana sebutannya, mereka hidup di sela-sela kasur dan merayap pada kulit saat Anda tidur untuk mengisap darah. Keberadaannya pun bisa mengganggu kualitas tidur, karena gigitannya menimbulkan gatal.

Seseorang yang tergigit kutu kasur dapat mengalami ruam gatal di lengan, tangan, leher, dan wajah. Gigitan kutu kasur pada umumnya berupa bengkak merah dengan warna merah tua di bagian tengah dan muncul secara berkelompok. Akan tetapi, gejala ini bisa baru muncul beberapa hari setelah tergigit.

Sekali berada di dalam sebuah ruangan, kutu kasur dapat bergerak dengan cepat dari satu benda ke benda lain. Kutu juga dapat menempel pada benda-benda yang dipindahkan, sehingga akhirnya akan terbawa ke ruangan lain.

Untuk mengetahui cara membasmi kutu kasur adalah dengan membersihkan tempat tidur dan kasur di kamar agar tidak menjadi sarang kutu. Melansir laman alodokter, berikut cara mendeteksi keberadaan kutu kasur.

  • Kutu kasur bisa terlihat jika Anda memperhatikan permukaan kasur dengan saksama menggunakan senter.
  • Bintik-bintik hitam pada sprei bisa jadi adalah tinja kutu kasur yang mengering.
  • Cangkang atau kulit terluar kutu kasur biasanya terdapat di sela kasur atau matras.
  • Bintik-bintik merah atau bercak darah pada seprai, selimut, atau di bagian jahitan kain bisa menjadi tanda bekas gigitan kutu kasur.
  • Kutu kasur dapat mengeluarkan bau yang tidak sedap. Bau tersebut berasal dari zat kimia yang dikeluarkan kutu kasur.
  • Adanya telur berwarna putih oval berukuran sangat kecil di sekitar kasur.
  • Selain di kasur, kutu ini juga bisa ditemukan pada perabotan di sekitar tempat tidur, seperti lemari kayu, bagian belakang cermin, gorden, ataupun nakas.

Populer video

Berita lainnya