Tips Menghentikan Kebiasaan Menggigit Kuku

Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp
Kebiasaan Menggigit Kuku
Foto: Istimewa

Celebrithink.com – Sebagian orang mungkin memiliki kebiasaan menggigit kuku. Kebanyakan orang yang mengalami hal ini umumnya menggigiti lempeng kuku dan terkadang jaringan pada bantalan kuku serta kutikula. Kebiasaan ini juga dikenal sebagai onychophagia, yakni kebiasaan yang berkaitan dengan stres atau rasa gugup yang biasanya dialami anak-anak dan orang dewasa.

Jika kebiasaan menggigit kuku tidak dihentikan, ada dampak yang mengintai. Mulai dari infeksi kuku jari, Kutil periungual, masalah pada gigi, hingga sakit perut lantaran bakteri yang menempel di kuku. Nah, melansir laman helloSEHAT, berikut ini beberapa cara yang mungkin bisa mengurangi kebiasaan Anda menggigit kuku.

Jaga kuku tetap pendek

Salah satu cara menghentikan kebiasaan menggigit kuku adalah rutin memotong kuku dan menjaganya tetap pendek. Pasalnya, kuku panjang cenderung lebih menarik untuk digigit dibandingkan kuku dengan ukuran pendek.

Lakukan manicure dan pedicure

Orang yang melakukan manikur dan pedikur biasanya akan lebih menjaga kuku-kukunya. Jika Anda ingin mencoba menghentikan kebiasaan menggigit kuku, cobalah perawatan manikur. Karena, faktor waktu, biaya, dan usaha yang dikorbankan saat melakukan treatment dapat menjadi pertimbangan saat Anda akan menggigiti kuku.

Pakai cat kuku

Selain meni pedi, mungkin beberapa dari Anda ingin mempercantik tampilan kuku dengan memberikannya kutek berwarna. Nah, hal ini bisa membantu menahan keinginan untuk menggigit kuku. Sebab, cat kuku membuat kuku menjadi tidak enak dan cenderung pahit saat digigit.

Buat tangan atau mulut tetap sibuk

Alih-alih menggigit kuku, Anda bisa mengalihkan perhatian tersebut dengan aktivitas lain. Cobalah mengalihkan perhatian Anda dengan menggambar, menulis, atau mengunyah permen karet.

Minta bantuan orang lain

Minta bantuan orang lain untuk melarang Anda menggigit kuku. Anda juga bisa mencari teman yang mempunyai kebiasaan yang sama dan ingin berhenti sehingga dapat saling berjanji untuk mengurangi perilaku ini.

Populer video

Berita lainnya