Ini Alasan Penting Mengonsumsi Vitamin C

Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp
Vitamin C
Foto: Istimewa

Celebrithink.com – Vitamin memiliki peran penting dalam menjaga fungsi kekebalan tubuh. Bahkan sejak dulu vitamin C dikenal memiliki banyak kegunaan bagi tubuh, termasuk menjaga daya tahan tubuh dan kesehatan kulit. Vitamin C diketahui aman untuk dikonsumsi dan mudah didapatkan.

Sumber vitamin C bisa Anda temukan pada buah-buahan dan sayuran segar, atau jika perlu dari suplemen vitamin C. Adapun Vitamin C atau yang kerap disebut asam askorbat merupakan jenis nutrisi yang larut dalam air dan tidak diproduksi oleh tubuh. Dilansir dari laman alodokter, berikut ini alasan penting mengonsumsi vitamin C.

Tingkatkan daya tahan tubuh dan membantu proses pemulihan

Berbagai keluhan seperti batuk dan pilek ternyata dapat dicegah dengan mencukupi kebutuhan vitamin C dalam tubuh, terutama saat kelelahan atau ketika akan melakukan aktivitas berat. Vitamin C pun disebut baik dikonsumsi untuk mencegah penyakit demam berdarah. Karena penting untuk meningkatkan imunitas tubuh, vitamin C juga baik dikonsumsi setelah vaksinasi.

Antioksidan

Sebagai antioksidan yang membantu melindungi sel tubuh dari kerusakan akibat radikal bebas. Sehingga menghambat risiko penuaan dini, perjalanan penyakit kanker, dan penyakit jantung.

Produksi kolagen

Vitamin C untuk kulit berperan dalam produksi kolagen, yakni protein yang dibutuhkan untuk membantu proses penyembuhan luka, mencegah keriput, memperlambat proses penuaan, juga mampu menjaga keremajaan dan mencerahkan kulit.

Meningkatkan penyerapan zat besi

Vitamin C meningkatkan penyerapan zat besi dari makanan dan membantu sistem kekebalan tubuh bekerja dengan baik untuk melindungi tubuh dari penyakit.

Kesehatan tulang dan gigi

Beberapa hasil penelitian meyakini bahwa vitamin C dapat membantu merawat kesehatan tulang rawan, tulang, dan gigi. Dan juga menjaga kesehatan jantung dan pembuluh darah, sehingga bisa mencegah serangan jantung dan stroke. Vitamin C juga dipercaya dapat mencegah katarak dan penyakit empedu.

Populer video

Berita lainnya