Gampang Cemas dan Panik? Lakukan Olahraga Ini

Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp
Cemas dan Panik
Foto: Istimewa

Celebrithink.com – Anxiety atau cemas adalah salah satu sifat alami manusia yang biasa muncul pada kondisi-kondisi tertentu. Meski begitu, terlalu sering merasa cemas sangatlah mengganggu. Bahkan bisa jadi merupakan sebuah gangguan mental.

Jika Anda termasuk orang yang mudah stres dan cemas, tidak usah khawatir. Selain berkonsultasi dengan dokter, Anda bisa melakukan berbagai aktivitas yang dapat mengatasi panik seperti berolahraga. Pasalnya, olahraga akan menurunkan kortisol (hormon stres), mengalihkan Anda dari pikiran dan emosi negatif, serta meningkatkan rasa percaya diri.

Nah, ada beberapa jenis olahraga untuk Mengurangi Cemas dan Panik. Melansir laman klikdokter, berikut ini beberapa jenis olahraga untuk menghilangkan gangguan kecemasan dan panik yang bisa Anda lakukan.

Yoga

Sebuah penelitian yang diterbitkan di Complementary Therapies in Clinical Practice pada 2018 mengemukakan, yoga dapat membantu menurunkan kecepatan detak jantung dan tekanan darah, memperbaiki proses pernapasan, meminimalkan respons stres, serta mengurangi depresi dan kecemasan.

Jalan Kaki

Ada begitu banyak penelitian yang menyebutkan bahwa rutin melakukan aerobik akan meningkatkan kesehatan psikis. Karenanya Anda bisa mengatasi panik dengan melakukan aerobik secara teratur.

Nah, jalan kaki termasuk bentuk latihan aerobik yang bisa menghilangkan panik dan gangguan kecemasan. Selain mudah dilakukan, olahraga ini dapat menambah energi dan kerja otak, serta membuat Anda lebih relaks. Manfaat kesehatan lainnya dari aktivitas ini bagi kesehatan mental yakni meningkatkan mood dan membantu tidur lebih lelap di malam hari.

Berenang

Berenang yang dilakukan sekitar 30 menit disebut-sebut dapat membuat Anda lebih relaks sehingga mampu mengatasi depresi dan mengurangi rasa cemas.

Latihan Pernapasan

Walaupun bukan jenis olahraga yang secara aktif bergerak, latihan pernapasan juga sangat penting untuk membantu mengatasi serangan panik dan rasa cemas. Untuk melakukannya, duduklah di tempat yang tenang, lalu letakkan tangan di dada dan perut Anda. Kemudian, tarik napas secara perlahan melalui hidung dan lepaskan melalui mulut. Lakukan hingga 10 kali, atau hingga Anda merasa lebih tenang.

Populer video

Berita lainnya