Cara Efektif untuk Membangunkan Orang Tidur

Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp
Cara Membangunkan Orang Tidur
Foto: Istimewa

Celebrithink.com – Setiap orang memiliki kebiasaan tidur yang berbeda-beda. Bagi mereka yang memiliki jam tidur berantakan, sudah pasti sulit untuk bangun keesokan paginya. Lantas adakah cara efektif untuk membangunkan orang tersebut?

Ada berbagai cara yang dapat Anda praktikkan untuk membangunkan seseorang yang tidur. Meski demikian, tidak semua cara ini akan efektif pada setiap orang. Melansir laman helloSEHAT, berikut ini beberapa cara yang mungkin dicoba untuk membangunkan orang tidur.

Memanfaatkan cahaya matahari

Penelitian yang dipublikasikan pada 2019 di jurnal Somnologie menunjukkan, cahaya matahari pada pagi hari dapat membantu menekan melatonin, yaitu hormon yang membantu Anda tidur. Selain itu, cahaya pagi juga bisa meningkatkan hormon serotonin yang bisa membuat Anda terjaga. Dengan demikian, memaparkan cahaya pagi bisa menjadi salah satu cara untuk membangunkan orang tidur yang efektif.

Gunakan suara atau musik

Seseorang biasanya tidur dalam keadaan tenang dan sunyi. Adanya suara terkadang bisa mengganggu. Oleh karena itu, menggunakan suara atau musik sebagai alarm bisa menjadi salah satu cara efektif untuk membangunkan orang yang tidur. Anda bisa menggunakan alarm jam atau bunyi-bunyian lainnya.

Mengubah suhu ruangan

Suhu ruangan memengaruhi kualitas tidur seseorang. Suhu ruangan yang optimal untuk seseorang tertidur umumnya berkisar 19-21 derajat celcius. Ketika suhu terlalu dingin atau panas, umumnya seseorang akan mengalami kesulitan tidur.

Karenanya, menaikkan atau menurunkan suhu ruangan kamar tidur bisa menjadi salah satu cara membangunkan orang tidur. Anda hanya cukup menaikkan atau menurunkan suhu AC kamar atau bahkan mematikannya.

Memberi aroma

Menghirup aromaterapi tertentu memang bisa menjadi salah satu cara untuk memperoleh tidur nyenyak. Di samping itu, aroma tertentu juga dapat membangunkan seseorang dari tidurnya pada pagi hari. Salah satu yang mungkin bermanfaat, yaitu kopi. Sebuah studi menemukan fakta bahwa menghirup aroma kopi dapat meningkatkan kewaspadaan. Namun, cara ini mungkin tidak bisa diterapkan pada semua orang.

Populer video

Berita lainnya