Begini Langkah-Langkah yang Diperlukan untuk Menjaga Kesehatan Tulang

Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp
Menjaga Kesehatan Tulang
Foto: Istimewa

Celebrithink.com – Ada beragam cara menjaga kesehatan tulang dan otot. Upaya ini perlu dilakukan sejak dini agar terlindungi dari berbagai masalah tulang yang dapat muncul di kemudian hari.

Sebab, jika kesehatannya tulang tergganggu, tulang akan keropos, rapuh, dan mudah patah. Melansir laman alodokter, berikut ini beberapa cara menjaga kesehatan tulang yang dapat dengan mudah Anda lakukan.

Rutin berolahraga

Cara penting untuk menjaga kesehatan tulang dan otot adalah dengan rutin berolahraga. Beberapa studi menyatakan bahwa olahraga baik untuk mendorong pertumbuhan tulang, meningkatkan kepadatan dan kekuatan tulang, memperkuat sendi dan otot, serta mencegah tulang keropos.

Anda bisa melakukan beberapa jenis olahraga, mulai dari jalan kaki, naik turun tangga, bersepeda, stretching, berenang, yoga, atau latihan angkat beban, setidaknya 30 menit setiap hari.

Mencukupi asupan kalsium

Kalsium adalah mineral utama yang terdapat dalam tulang. Zat ini juga salah satu komponen utama untuk menyusun dan membentuk struktur jaringan tulang. Jumlah kebutuhan kalsium harian untuk orang dewasa adalah sekitar 1.000 mg, sedangkan untuk lansia di atas 50 tahun adalah sekitar 1.200 mg.

Anda bisa mencukupinya dengan mengonsumsi makanan tinggi kalsium seperti susu, keju, yoghurt, brokoli, kangkung, kacang, tahu tempe, seafood, dan ikan.

Mencukupi asupan vitamin D

Selain kalsium, memenuhi kebutuhan vitamin D juga penting untuk menjaga kesehatan tulang. Vitamin ini berfungsi untuk membantu tubuh menyerap kalsium dan mencegah pengeroposan tulang. Jumlah asupan vitamin D harian yang direkomendasikan bagi orang dewasa adalah sekitar 15 mikrogram (500 IU). Sedangkan untuk lansia sekitar 20 mikorgram (800 IU).

Tubuh bisa membentuk vitamin D dengan bantuan paparan sinar matahari pagi dan sore hari. Anda bisa menukupi kebutuhan vitamin D dengan mengonsumsi berbagai jenis makanan, seperti ikan, hati, jamur, telur, susu dan keju.

Mengonsumsi makanan padat nutrisi

Nutrisi seperti protein, magenesium, zinc, vitamin C, vitamin K, dan asam lemak omega-3 juga mendukung menjaga kesehatan tulang dan otot. Beragam nutrisi tersebut berperan untuk meningkatkan penyerapan kalsium, mendorong produksi sel-sel pembentuk jaringan tulang, melindungi sel-sel tulang dari kerusakan, sekaligus menjaga kepadatan tulang seiring bertambahnya usia.

Mengonsumsi suplemen kesehatan tulang

Selain beberapa cara di atas, Anda bisa mengonsumsi suplemen, terutama yang mengandung vitamin D dan mineral, untuk melengkapi asupan nutrisi yang kurang sehingga kesehatan dan kepadatan tulang tetap terjaga.

Agar mendapatkan manfaat suplemen kesehatan tulang secara maksimal, sebaiknya konsultasi dengan dokter terlebih dahulu untuk mendapatkan rekomendasi dosis suplemen kesehatan tulang yang sesuai dengan kondisi dan kebutuhan Anda.

Populer video

Berita lainnya