Simak Cara Efektif Atasi Frustasi saat Bekerja

Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp
Frustasi
Foto: Istimewa

Celebrithink.com – Frustasi saat bekerja bisa menimpa siapa saja. Akan tetapi, hal ini menjadi persoalan ketika mulai mengganggu kesehatan fisik dan mental. Frustasi sendiri adalah rasa kecewa yang muncul karena terhalangnya target untuk mencapai tujuan. Kondisi ini juga bisa terjadi akibat kegagalan berulang, situasi kerja dan lingkungan yang tidak nyaman.

Umumnya, frustasi akibat menumpuk pekerjaan dapat membuat seseorang lupa meluangkan waktu untuk diri sendiri atau me time. Tanpa sadar, orang yang mengalami kondisi ini tidak lagi memiliki waktu untuk melakukan kegiatan yang disukai sebelumnya. Nah, salah satu cara yang efektif untuk mengatasi frustasi adalah berhenti sejenak dan habiskan waktu untuk me time. Melansir laman halodoc, Anda juga bisa melakukan beberapa cara ini untuk mengatasi frustasi saat bekerja.

Manajemen Waktu

Pengelolaan waktu yang baik membuat Anda lebih fokus dalam mencapai target. Ini juga bisa membuat tugas selesai lebih cepat. Ketika tugas selesai lebih cepat, kamu memiliki banyak waktu luang untuk menyelesaikan pekerjaan lain. Ini juga membuat konsentrasi tidak pecah karena pekerjaan yang menumpuk.

Hindari Konflik

Konflik antar rekan kerja jadi salah satu pemicu stres yang berujung pada frustasi. Ini dapat berujung pada saling menghindari untuk mencegah situasi yang tidak nyaman. Untuk mencegah rasa tidak nyaman ini, kamu bisa memisahkan antara masalah pribadi dan pekerjaan tanpa melibatkan emosi.

Jangan Terlalu Perfeksionis

Seorang perfeksionis biasanya keras pada diri sendiri. Mereka menganggap setiap pekerjaan harus sempurna dan tidak boleh ada kekurangan. Ini tak hanya membuat diri sendiri jadi kewalahan, tapi juga orang yang bekerja sama dengan mereka. Ketimbang menjadi perfeksionis, coba kerjakan semua pekerjaan sesuai dengan kemampuan.

Bicarakan dengan Atasan

Berkeluh kesah tentang pekerjaan dengan atasan bisa jadi salah satu cara meredakan frustasi di tempat kerja. Meski akan terasa canggung, pada dasarnya Anda berhak menolak jika merasa beban yang diberikan atasan sudah melewati batas kemampuan atau di luar tanggung jawab.

Liburan

Anda bisa memanfaatkan waktu weekend untuk mengunjungi tempat favorit atau destinasi wisata dalam kota yang belum pernah dikunjungi. Cara ini memang tidak langsung menyelesaikan penyebab frustasi. Tapi, setidaknya kamu bisa menyegarkan pikiran agar kembali jernih.

Ajukan Resign

Berhenti bekerja bisa jadi pilihan terakhir jika frustasi yang kamu alami terus berkelanjutan. Jangan takut untuk mencoba, karena bisa jadi Anda akan menemukan pekerjaan yang lebih baik ke depannya.

Populer video

Berita lainnya